Minggu, 10 Oktober 2010

TUGAS 2# INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA

“SELAYANG PANDANG PERKEBUNAN GUNUNG MAS”


           Salah satu perkebunan teh terluas di Jawa Barat adalah Perkebunan Gunung Mas Puncak yang merupakan salah satu unit usaha PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero). Terletak pada daerah yang sejuk di ketinggian 800-1200 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 12-22 derajat celcius, menjadikan Gunung Mas sebuah tempat yang nyaman untuk beristirahat dan berekreasi atau sekedar melepas penat dari kesibukan sehari-hari.
            Di Gunung Mas kita mendapati suasana khas daerah perkebunan teh, baik kesejukan udaranya, keindahan panoramanya maupun kehidupan masyarakatnya. Obyek wisata yang ada di Gunung Mas sendiri cukup beragam untuk anda nikmati bersama keluarga dan handai taulan, misalnya: Tea Walk, Pabrik The, Berkuda, Terbang Layang dan Kolam Renang Anak. Selain itu, sebagai sebuah obyek wisata dan tempat beristirahat, Gunung Mas juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti: Penginapan, Areal Kemping, Lapangan Tenis.
Biasanya orang-orang mengunjungi tempat ini untuk tour bersama seperti:
mengadakan acara arisan keluarga maupun RT lalu menyewa aula disana, mengadakan tour sekolah untuk mengunjungi Pabrik Teh maupun bermain out bound. Warga asli Gunung Mas biasanya memanfaatkan para wisatawan dengan berjualan berbagai macam aksesoris kalung, ikatan rambut ataupun topi, menjual aneka makanan khas Puncak seperti: kue mochi, strawberry, baso chuangky, ada juga pedagang gantungan kunci dan kacamata.
            Disana terdapat banyak wisma-wisma yang dapat dipakai, banyak pula villa dan aula yang dapat dipakai. Terdapat juga Museum Pahat disana. Pemandangan disana sangat indah dan asri, apalagi kalau kita mengunjungi perkebunan teh nya .
            Tea Walk adalah obyek wisata utama di Gunung Mas, yaitu kegiatan rekreasi berupa jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh, menikmati hijaunya daun teh yang menghampar bagaikan permadani berwarna hijau, bersatu dengan alam ditengah udara yang sejuk dan jauh dari polusi, kita juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana teh dipetik.
Disana sering terlihat para pemetik sedang menjalani pekerjaannya. Mereka biasanya terlihat di tengah-tengah hamparan kebun teh, walaupun dikejauhan yang terlihat hanya bagian kepala dan topi capingnya saja.
Para pemetik teh ini berkisar antara 15 sampai 20 orang yang dihimpun dalam satu grup. Tugasnya hanya memetik daun teh pada bagian atasnya saja, kemudian daun-daun tersebut dimasukkan ke dalam keranjang yang ditaruh dibelakang tubuhnya. Pemandangan pemetik teh ini memang salah satu obyek wisata menarik dikawasan Puncak. Bayangkan saja, diantara hijaunya hamparan kebun teh, mereka terlihat seperti hiasannya, karena pakaian mereka yang berwarna-warni terlihat begitu indah. Bila kita penasaran, kita bisa mencoba mendekati mereka. Sambil sedikit ngobrol-ngobrol kita juga bisa memetik tehnya sendiri . Kita bisa juga bertanya, bagaimana proses selanjutnya setelah daun-daun teh dikumpulkan, sampai akhirnya masuk ke pabrik pengolahan teh. Lumayan kan, pengetahuan kita tentang teh bisa bertambah, dan bisa juga dijadikan pengalaman seru untuk diceritakan kepada keluarga dan teman-teman.
Jika kita menginginkan seorang pemandu, kita dapat memakai jasa para pemandu tersebut. Seorang pemandu akan menemani perjalanan wisata kita, kita dapat memilih route yang kita inginkan yaitu: 4 km, 6 km, 8 km, perjalanan kita akan berlangsung antara 1 jam sampai dengan 2,5 jam. Tentu saja dengan berjalan disekitar perkebunan teh yang sejuk kita akan merasakan kesegaran dan sehat.
Di Gunung Mas juga terdapat arena berolahraga yang dapat kita nikmati seperti tenis lapangan. Tersedia lapangan tenis 2 band untuk kita. Sangat sehat apabila kita bermain tennis ditempat yang sejuk seperti disini.
Selain tempat berolahraga kita juga dapat menikmati Areal Kemping. Untuk kita yang ingin berkemah bersama keluarga atau bagi para pecinta alam, kita dapat berkemah di areal kemping yang luas dan asri di sekeliling bukit dan kebun teh. Kalau kita tidak ingin berkemah, disana juga terdapat penginapan yang menyediakan tempat berupa: 4 buah kamar standar, 3 unit bungalow serta 21 unit pondokan.
Disana juga terdapat fasilitas baru berupa kolam renang untuk anak-anak di areal Tirta Mas. Tersedia dua buah kolam renang berair sejuk dengan kesegaran mata air pegunungan yang menyehatkan bagi semua anak-anak kita. Harga tiket masuk kolam renang sangat menjangkau, tidak terlalu mahal.
Pilihan wisata selanjutnya kita bisa berkuda di Gunung Mas. Berkuda mengelilingi kebun teh dengan route yang telah ditentukan, kita dapat menikmati keindahan alam khas daerah pegunungan yang mungkin tidak akan kita temukan di tempat tinggal kita. Sangat asik berkuda di Gunung Mas, kita dapat menghirup udara sejuk didaerah sini. Apabila kita tidak berani menunggangi kuda sendirian, kita dapat memakai jasa para pembawa kuda. Mereka akan menuntun kuda yang kita tunggangi.
Setelah bosan berkuda, kita dapat berwisata Terbang Layang. Bagi yang menyukai jenis wisata yang menantang, kita dapat bertualang dengan terbang layang, sejenak bebas lepas melayang di langit Gunung Mas yang biru, biarkan fantasi kita terbang bersama payung-payung dan menjadikan pengalaman berkesan yang tak akan pernah kita lupakan.
Setelah lelah bermain permainan yang ada di Gunung Mas, kita bisa mengunjungi Tea Corner dan Tea Café. Bagi kita yang penyuka teh disini lah tempatnya penikmat teh. Disini menyediakan 3 buah café kecil dimana kita minum teh asli Gunung Mas sambil santai bersama teman-teman dan keluarga, kita akan temukan kenikmatan minum teh yang berbeda dari yang selama ini pernah kita rasakan.
Apabila kita ada acara resmi dari kantor,kita dapat menyewa bungalow yang ukurannya besar disana. Terdapat ruang pertemuan yang tersedia 3 buah ruang untuk pertemuan, rapat kerja, atau seminar diklat dengan kapasitas 30 – 200 orang beserta perlengkapannya seperti: OHP, wireless, sound system, white board. Kita juga dapat memesan catering untuk acara tersebut. Catering Gunung Mas akan melayani pesanan kita dengan pilihan menu yang beragam baik berupa nasi box ataupun prasmanan atau buffet, mulai dari snack, makan pagi, makan siang sampai makan malam. Semuanya sudah lengkap di tempat wisata Gunung Mas ini. Akan lebih berkesan kalau kita mengunjungi obyek-obyek wisata lain yang letakmya bertetanggaan dengan Gunung Mas seperti: Taman Safari di Cisarua, Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Taman Wisata Alam Cibodas serta tak ketinggalan adalah Istana Presiden di Cipanas. Disini kita akan temukan kesegaran udara yang sesungguhnya.
 
BOX INFORMASI

GUNUNG MAS

Objek
  • Pabrik Teh,
  • Terbang Layang,
  • Berkuda.


Agenda Wisata
  • Lomba Paralayang Tingkat Nasional,
  • Festival Budaya Daerah,
  • Grebeg Maulid Akbar Tingkat Baupaten Bogor.

Transportasi
  • Bus,
  • Mobil Pribadi,
  • Sepeda Motor,
  • Angkutan Umum.


Jarak
  • 80 KM dari Jakarta ke arah Puncak, Gunung Mas dapat di tempuh hanya dalam waktu 1,5 – 2 jam perjalanan.



Kuliner
  • Nasi Timbel & Lalapan,
  • Pepes Ikan, Ayam, & Tahu,
  • Sate Marangi,
  • Bubur Ayam,
  • Cap Cay & Fuyunghai,
  • Sayur Sop, Asem & lodeh.



Penginapan
  • Kamar Standar,
  • Bungalow 1,
  • Bungalow 2,
  • Bungalow 3,
  • Pondokan,
  • Rumah Kayu Kelapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar