Senin, 18 Oktober 2010

Indonesia Bagian Terkecil Dalam Hidup Saya: Tanah Lot Wisata Dengan Sejuta Pesona


Indonesia Bagian Terkecil Dalam Hidup Saya:
Tanah Lot Wisata Dengan Sejuta Pesona


Apabila anda berkunjung ke Bali tidak lengkap rasanya apabila anda tidak mengunjungi objek wisata Tanah Lot yang letaknya di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, dengan jarak sekitar 13 km sebelah barat Tabanan.dan juga berjarak sekitar 30 km di sebelah barat kota Denpasar. Tanah lot memiliki Luas kurang lebih 11 Hektar. Kata Tanah Lot terdiri dari kata “Tanah” yang diartikan sebagai batu karang, “Lot” atau “Lod” berarti laut. Jadi Tanah Lot dimaksudkan yaitu tanah yang ada di tengah pantai.
Di Tempat ini anda dapat melihat pemandangan pantai dan juga anda dapat melihat pura yang letaknya di atas bongkahan batu Sehingga sangat unik untuk dilihat. Di sepanjang jalan menuju ke area pura anda dapat melihat berbagai macam pedagang yang menjual berbagai macam souvenir dan juga makanan khas bali. Selain itu kita juga dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah, Apalagi kalau menyaksikannya lewat tebing tinggi yang juga ditempati restoran-restoran kecil disana. Saat terbaik untuk berkunjung ditempat ini adalah antara pukul 17.00 - 18.30 WITA.
Di Tanah Lot terdapat dua buah pura yaitu Pura Tanah Lot terletak di atas bongkahan batu, sementara di sebelah utara terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung).
Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura suci terbesar di pulau Bali. Disini juga sering diadakan upacara-upacara besar umat Hindu Bali. Menurut cerita Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali tentang ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, merasa iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben lalu menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir cerita dari legenda tersebut menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.
Ular laut tersebut berada di dalam gua bawah tebing, terdapat ular yang dikeramatkan. ular tersebut berbentuk pipih dan beracun dengan warna hitam kuning. ular ini dipercaya sebagai selendang Dang Hyang Nirartha yang terlepas saat sedang bertapa dan hingga kini menjadi penjaga pura. di tempat ini pula terdapat sumber air tawar bernama Tirta Pabersihan (biasa digunakan sebagai sarana memohon kesucian).
Konon menurut cerita orang yang menjaga tempat ular tersebut, bila ular itu di sentuh, maka kita akan mendapat pahala dan yang pasti keselamatan juga. Keunikan ular tersebut yaitu tidak pernah pindah dari tempat yang mereka tempati semula, dan menurut kepercayaan orang hindu Bali, ular yg di sebut ular suci bisa juga di sebut "Ular Duwe", Ular duwe itu sama dengan ular yang bersemayam, atau ular yg tinggal dengan waktu lama yg sering di sebut sebagai ular penunggu, yang termasuk di pura Tanah Lot
Tidak semua orang diperbolehkan masuk ke dalam pura tersebut. para wisatawan hanya diperbolehkan melihat dari bawah pura saja. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang hendak bersembahyang atau melakukan kegiatan keagamaan yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam pura. Karena ada kaitannya dengan konsep triangga yaitu (penggambaran tubuh manusia dari kepala, badan hingga kaki), pura ini ada kaitannya dengan 2 tempat suci lainnya di Tabanan, yaitu Pura Luhur Batukaru (hulu) dan Pura Puser Tasik (madya) serta Pura Tanah Lot sebagai hilirnya. Pura hulu dan hilir ini pun digambarkan sebagai simbolisasi lingga dan yoni, Pura Luhur Batukaru sebagai lingga (purusa)dan Pura Tanah Lot sebagai yoni (segara). perpaduannya menjadi sumber kehidupan yang mensejahterakan manusia disekitarnya
Untuk masuk ke tempat wisata ini wisatawan Domestik dikenakan biaya sebesar 20.000 per orang sedangkan turis asing bisa mencapai dua kali lipatnya
 Beberapa keunggulan Wisata Tanah Lot Bali yaitu selain dapat menikmati suasana pantai anda juga dapat berbelanja souvenir dan menikmati wisata kuliner Bali yang banyak terdapat di sekitar lingkungan objek wisata.
Apabila beruntung anda juga dapat menyaksikan upacara adat yang rutin diadakan yaitu Odalan atau hari raya di Pura ini setiap 210 hari sekali, sama seperti di pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan, tepatnya pada Hari Suci Budha Cemeng Langkir. Pada saat itu, orang akan ramai bersembahyang di Pura ini.
Untuk dapat mencapai kelokasi ini anda dapat menggunakan motor ataupun mobil,selain itu juga terdapat Fasilitas Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.

Jarak yang dapat ditempuh Total Jarak Tempuh Jakarta-Bali(Denpasar) :
Jakarta-Ungaran : ± 450 km
Ungaran-Ketapang : ± 500 km
Ketapang-Bali : ± 150 km
Total ± 1.100 km

Total Jarak Waktu Jakarta-Bali :
Jakarta-Ungaran : ± 10 Jam
Ungaran-Ketapang : ± 16 Jam
Ketapang-Bali : ± 4 Jam
Total : ± 30 Jam
Sedangkan dari Tanah Lot berjarak sekitar 20 km dari Denpasar atau bisa ditempuh selama sekitar 45 menit.
Beberapa penginapan yang berlokasi di Tanah Lot
Hotel bintang 5 dengan 2 lantai ini memiliki 48 kamar yang dirancang dengan baik dengan jarak 0,07 km dari lokasi wisata.
Berjarak 0.71 km dari lokasi wisata di hotel ini Para tamu akan mendapatkan semua amenity terbaik di setiap kamar 10 di hotel bintang-3 yang populer ini.
Hotel Bintang 5 dengan jumlah kamar 278 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para tamu hotel ini berjarak 3,73 km dari tempat wisata.
  • Taman Ahimsa
Setiap kamar 7 di hotel bintang-5 mewah ini menampilkan amenity terbaik. Berjarak 6.02 dari lokasi wisata




Tidak ada komentar:

Posting Komentar