Senin, 18 Oktober 2010

TUGAS 2# INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA

Nah,sekarang saya mau menceritakan tentang perjalan saya menuju pulau untung jawa ketika liburan kemarin,sebenarnya pulau untung jawa merupakan kampung halaman dariom ipar saya. Pulau untung jawa itu sendiri terletak di sebelah barat Teluk Jakarta. Dari Jakarta bisa ditempuh dengan waktu satu sampai satu setengah jam perjalanan. Saya berangkat atau menyeberang lewat muara angke,kenapa saya memilih dari muara angke,karena nenek saya tinggal didaerah penjaringan sehinnga lebih evisien waktu apabila saya menyeberang lewat muara angke. Namun ada jalan lain untuk menuju ke pulau untung jawa ini yaitu dari tanggerang,tepatnya dari tanjung pasir. Kalu melalui jalan ini,anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 30menit. Ongkos tarif sekali berangkatnya berkisar antara Rp.7500-10.000/orang dengan menggunakan sebuah perahu(bukan perahu carteran).untuk lebih jelasnya lagi,saya mau kasih tau rute-rutenya: dari Jakarta lwt tol bandara, lurus arah pintu belakang bandara sampai ketetemu kali ambil arah kanan kurang lebih 5KM dan ketemu pasar kampung melayu (teluk naga)lurus 500mtr belok kanan terus kurang lebih 4KM,lalu kalian nanti ketemu pantai TANJUNG PASIR.di tanjung pasir ini kendaraan bisa parkir di pantai terus dilanjutkan dengan perahu nelayan tuk menyeberang.
Awal tiba disana,saya langsung bermain-main air dengan keponakan-keponakan saya. Keponakan saya,saya dorong-dorong sampai akhirnya bajunya basah semua sehingga saya dimarahi abis-abisan dengan mama saya. Sementara orang tua saya sibuk memilih tempat makan untuk menikmati hidangan laut,saya dengan saudara-saudara seumuran saya berkeliling-keliling untuk sekedar berfoto-foto. Namun saying ,sekarang sudah tidak ada lagi foto-foto yang saya abadikan karena ketika itu kami berfoto dengan menggunakan handphone saya yang sekarang telah hilang entah kemana. Keluarga saya telah menemukan tempat untuk makan bersama,kebetulan say sangat menyukai cumi-cumi dan mama saya sangat mengetahuinya sehingga mama saya memesan 2porsi cumi dengan menu berbeda yaitu cumi barakutak(cumi yang ditumis biasa namun tintanya tidak dibuang sehingga apabila kita memakannya maka mulut kita akan menjadi hitam semua) dan juga cumi bakar. Itu semua merupakan makanan-makanan kesukaan saya dan juga minumnya ditemani dengan es kelapa ijo bakar. Sungguh menu makanan yang sangat nikmat untuk saya. Saya sangat suka sekali pergi untuk berwisata kuliner. Hehehe .. karena saya sangat suka makan. Terutama makanan laut khususnya cumi-cumi. Keluarga saya yang lainnya pun sangat menikmati makanan yang tersedia. Kami sangat puas dengan menu makanan kita hari itu. Mungkin pulau untung jawa merupakan tempat wisata kuliner yang sangat saya sarankan kepada kalian semua untuk menikmati hidangan laut. Tidak akan pernah menyesal apabila sudah datang kesana dan menikmati makanan laut yang ditawarkan disana. Karena selain bahan bakunya yang masih fresh dan baru ditangkap dari laut langsung,kita juga dapat menikmati suasana disana yang menurut saya lumayan membantu menghilangkan kepenatan dengan suasana kota Jakarta.
Dipulau ini juga terdapat hutan mangrove yang lumayan bagus yang bisa kita telusuri dari jembatan kayu yang menembus hutan mangrove tersebut. Daya tarik lainnya adalah,ketika air laut surut biasanya pada sore hari, di bagian utara pulau ini menjadi seperti lapangan batu karang yang luasnya bisa seukuran lapangan bola atau lebih. Tentu, kita dapat berjalan di atasnya sambil berfoto-foto. Bagi kalian-kalian yang sangat menyukai fotografi,tempat ini sangt cocok untuk anda karena mempunyai pemandangan yang sangat bagus serta viewnya yang sangat dapet dalam fotografi.

Om ipar saya memang asal pulau untung jawa,namun kami tidak meginap dikediaman om saya tersebut melainkan menyewa homestay yang ada disana.dikarenakan keadaan rumah om saya disana tidak akan cukup untuk tamu-tamu rombongan saya yang datang. Selain itu,kami juga merasa segan untuk menginap disana,takut merepotkan. Kami juga menginginkan sesuatu yang baru sehingga menambah-nambah pengalaman dan pengetahuan kami.
Kami menyewa tiga buah homestay yang masing-masing homestay terdiri dari tiga buah kamar,satu kamar mandi serta dapur yang berada dihalaman belakang homestay tersebut. Di pulau untung jawa ini memang tidak ada hotel mewah seperti yang ada di beberapa tempat wisata lainnya. Tapi homestay-homestay yang terdapat disini juga sangat lumayan untuk kalian menghabiskan liburan disini. Mungkin ada sisi positifnya juga yang saya petik dari tidak adanya bangunan-bangunan hotel mewah seperti di Jakarta,yaitu kita dapat memanfaatkan sesuatu yang sudah ada dan juga dengan adanya homestay yang awalnya merupakan tempat tinggal penduduk sana,serta dapat membantu perekonomian warga disana. Perlu disadari sebelumnya,untuk membangun sebuah tempat wisata yang baik,kita perlu juga mengikut sertakan warga sekitar. Agar mereka juga merasa dibutuhkan dalam pembangunan tersebut dan juga membantu kehidupan mereka dan yang paling penting,mereka merasa sudah adanya timbal balik dari pihak industry dan penduduk.
Oh iya,ada beberapa kekurangan juga dari pulau ini,waktu saya main dengan sepupu saya di pinggir pantai,saya melihat banyak sampah yang menyangkut diakar-akar pohon yang terdapat di pinggir pantai. Sepertinya para wisatawan yang datang serta penduduk sekitar kurang sadarnya terhadap kebersihan lingkungan. Untuk menjaga kebersihan lingkungan perlu adanya kesadaran dari semua pihak. Dan kalau ingin pulaunya bersih,kita juga jangan suka membuang sampah sembarangan,apalagi ke laut.
Pada malam harinya,kami sekeluarga mengadakan bakar-bakaran,lagi-lagi kami membakar ikan bandeng dan juga merebus kerang hijau dan juga membakar singkong. Kami menghabiskan waktu benar-benar hanya untuk keluarga.
Bisa dibilang perjalanan ini merupakan perjalanan yang tidak direncanakan tetapi kami sangat senang dengan perjalanan kami. Pulau untung jawa,tempat yang sangat dekat dengan jakrta,murah meriah namun kita bisa mendapatkan pengalaman yang lumayan indah untuk dikenang.



PULAU UNTUNG JAWA
                                                                      OBJEK
Pulau rambut,terumbu karang yang bagus,pemandangan di sore hari yang  bisa dijadikan objek fotografi
AGENDA WISATA
mengelilingi Pulau Untung Jawa / Games
 Makan siang di lokasi wisata . Mengunjungi Peternakan BUAYA di Tanjung pasir,pergi ke pulau rambut  yang terdapat banyak burung
TRANSPORTASI
Menggunakan perahu penduduk dari tanjung pasir maupun dari muara karang
JARAK
Jarak waktu yang ditempuh kira-kira sekitar 30menit dari masing-masing dermaga
KULINER
Semua kuliner yang berasa seafood. Semua makanan hidangan laut dan otak-otak ikan asli
HOTEL
Tidak ada hotel melainkan homestay-homestay dari rumah penduduk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar