Senin, 18 Oktober 2010

TUGAS #2 Indonesia Bagian Terkecil Dalam Hidup Saya

PANORAMA PANTAI  BERSELIMUT MISTIS
”PELABUHANRATU”


Pelabuhanratu terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam dari Jakarta melalui desa-desa pegunungan yang sejuk dengan pemandangan indah.jarak yang dapat di tempuh dari kota Jakarta menuju pelabuhanratu sekitar kurang lebih 150 km. walaupun jarak yang ditempuh berkilo-kilo meter, akan tetapi pemandangan sepanjang perjalanan menuju pelabuhan ratu amat sangat indah. Dapat kita lihat sepanjang perjalanan terdapat banyak kegiatan masyarakat desa sekitar. Seperti petani yang sedang membajak sawah dengan menggunakan kerbau dan ada pula yang sedang memanen padinya. Kemudian jalan yang berliku, bentangan keindahan alam di sajikan dengan bukit-bukit, pegunungan dan pantai berpasir yang sangat luas di mana-mana. Pelabuhanratu terdapat di Samudera Hindia biru. Tepat di sebelah membentang pantai putih, kita akan menemukan hutan tropis yang tebal di bukit-bukit. Benar-benar Susana asri yang jarang bahkan tidak pernah kita lihat sebelumnya di kota Jakarta. Kita tidak akan menyesali perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai daerah wisata ini.  Pelabuhanratu dekat dengan Jakarta, maka banyak wisatawan yang datang ke daerah ini dari ibu kota. Selain itu, jalan raya menuju dan dari PelabuhanRatu sekarang ini telah diperbaiki agar pengunjung dapat menikmati pemandangan saat kita melintas, melihat aktivitas seseorang yang sedang berenang, mandi matahari dan surfing.
Ketika pada malam hari banyak lampu perahu nelayan yang sedang mencari ikan terlihat sangat menarik perhatian kita. Seperti bintang-bintang yang bertaburan di atas langit. Kita dapat berkunjung ke penjualan ikan di pelabuhan ratu dengan harga murah dan ikan yang segar dapat kita peroleh dari nelayan. Bahkan Kita dapat mengolah ikan yang kita beli dari nelayan setenpat. Sambil menikmati santapan ikan yang dapat kita pilih sesuai selera kita juga dapat menikmati keindahan laut dari tepi pantai. Atau datang ke sebuah restoran yang menawarkan berbagai hidangan laut. Kita juga dapat memilih dan membeli ikan, udang, cumi, kepiting singkatnya, semua bahan mentah dari lautan, kemudian meminta restoran memasakkannya untuk kita santap bersama keluarga,teman,atau dengan seseorang yang kita sayangi. Pesona pantai malam hari dapat membayar rasa letih selama perjalanan menuju pantai.
Beberapa objek yamg membuat wisata pantai pelabuhanratu menjadi objek yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, antara lain:
Makam Nyai Roro Kidul
            Tersimpan banyak cerita mistis dari legenda Penguasa Pantai Selatan antara lain kisah ibu ratu pantai selatan yaitu Nyai Roro kidul yang sangat guming beberapa tahun yang lalu hingga saat ini. Menurut mitos bahwa bila kita mengenakan pakaian yang iah tidak suka yaitu berwarna hijau dan berenang di pantai maka orang tersebut akan menjadi korbannya.
Tepatnya di Desa perikanan indah, lebih dari 50 kilometer barat daya Sukabumi, adalah rumah bagi dewi misterius dari Laut Selatan, Nyai Mas Ratu Dewi Roro Kidul atau sering di kenal dengan Nyai Roro Kidul. Legenda mengatakan bahwa laut di Karanghawu akan membawanya, 14 kilometer ke barat. Pelabuhan Ratu  (pelabuhan ratu terletak di sebuah teluk yang luas, yang telah memiliki nama ‘Wijnkoopsbaai’) Selama akhir pekan desa ini dipenuhi dengan pengunjung dari Jakarta. Ini tidak disarankan untuk mandi dalam domain dewi, dan terutama di baju hijau. Hijau adalah warna favorit Nyai Roro Kidul dan memakai itu adalah undangan baginya untuk membawa orang itu ke kedalaman laut.
            Masyarakat sekitar pantai amat percaya bahwa lautan lepas yang terlihat dari bibir pantai dihuni dan dikuasai oleh Nyi Roro Kidul dan banyak membantu masyarakat, terutama nelayan yang melaut di sana. Nyai Roro Kidul telah menjadi bagian dari hidup mereka dari generasi ke generasi. Sebagai ucapan terima kasih sang Nyai, masyarakat dan para nelayan sekitar pantai sering menggelar ritual-ritual yang sangat unik.
Peristrahatan Presiden
Pantai PelabuhanRatu juga menyimpan cerita yang sangat menarik tentang mantan orang nomor satu di negeri ini, yakni Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Di tempat ini kita bisa menjumpai istana peristirahatan Presiden RI pertama itu. Sebuah istana yang dibangun pada 1960 dan memiliki panorama yang amat bagus. Sukarno juga pernah mendirikan tempat peristirahatan lainnya di sini pada Tahun 1970 tepatnya di Tanjo Resmi. Tidak hanya itu, Beliau juga mendirkan hotel megah di lokasi itu yang diberi nama Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia, bersamaan dengan pembangunan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.
Pelestarian Fauna
Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal sebagai tempat bertelur dan berbiaknya penyu. Sebagaimana diketahui bahwa penyu adalah salah satu jenis hewan laut yang mulai terancam punah, dan termasuk salah satu binatang yang dilindungi oleh dunia. Namun penyu-penyu di Pantai Palabuhan ratu masih sering ditangkapi untuk dimakan dagingnya dan kulitnya dijadikan cendera mata dan telurnya diambil untuk dikonsumsi masyarakat.
Kita berharap agar masyarakat sekitar pantai untuk terus menjaga dan melindungi ekosistem penyu-penyu agar tidak punah di Pantai Pelabuhan Ratu. Selain itu, bagi Pemerintah setempat diharapkan agar terus memantau keadaan hewan langka ini dari tangan-tangan jahil yang mencoba menangkap untuk dikonsumsi daging dan telurnya. Rumah (kulit) penyu sering dijadikan hiasan yang mahal harganya, sehingga banyak diburu manusia.
Pesta Syukur Nelayan Palabuhanratu

Kabupaten Sukabumi menampilkan adat seren taun Kasepuhan Ciptagelar. Kabupaten Bogor menampilkan seren taun Sindangbarang; Kabupaten Bekasi menyuguhkan upacara adat nelayan; dan Kabupaten Cirebon mempertunjukkan adat syukur nelayan Astana Gunung Jati. Adapun Kabupaten Tasikmalaya tampil dengan adat hajat laut; Kabupaten Garut menampilkan adat sebal dan Kabupaten Bandung menampilkan adat wuku taun.
            Keikutsertaan ketujuh komunitas adat tersebut merupakan salah satu agenda untuk mendukung Visit Indonesia Year dan Visit West Java 2008. Acara syukuran nelayan dipilih menjadi agenda wisata karena memiliki tradisi yang turun-temurun.
            Syukuran nelayan Palabuhanratu sesungguhnya merupakan rasa syukur para nelayan untuk memberikan penghormatan kepada seorang putri yang memberikan perhatian kepada nelayan. Sang putri adalah Nyi Putri Mayangsagara, yang memulai upacara labuh saji pada abad ke-15. Mayangsagara memberikan sesajian kepada Nyi Roro Kidul yang dipercaya menguasai laut selatan waktu itu, dengan tujuan  para nelayan agar mendapatkan banyak tangkapan.
            Kebiasaan yang dilakukan Mayangsagara memberikan sesajian sebelum masa melaut tiba kemudian diikuti oleh masyarakat hingga kini. Bedanya, sesajian kini  tak lagi diberikan bagi penguasa laut selatan, tetapi kepada Mayangsagara.
Keindahan pantai
Pantai ini terdiri atas pantai landai berpasir, pantai bebatuan, pantai curam, dan pantai dengan karang-karang terjal. Di kawasan Pelabuhan Ratu, terdapat sembilan titik lokasi untuk berselancar, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantainya mempunyai ombak dengan karakteristik sendiri.
 Kegiatan olahraga lainnya, yang unik dan terbilang langka ada di sini, yakni Arung Gelombang. Keberadaan olahraga air yang satu ini di Pantai Pelabuhan Ratu terbilang sangat baru, dan mungkin satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia. Pemerintah Daerah setempat dalam dua tahun terakhir telah mencoba melaksanakan event Arung Gelombang dengan mengundang peserta dari daerah lain, bahkan pernah juga diikuti oleh peserta dari luar negeri.
          Bagi yang ingin menikmati nuansa mediterania berpadu seni tradisional yang kental terdapat Padi-padi Beach Resort and Hot Spring. Bagi yang menginginkan nuansa bungalow terdapat Ocean Queen Resort., dan Banyu Amarta. Fasilitas pendukung lainnya ialah restoran, penjaga keamanan (SAR), dan peta informasi wisata.
Palabuhanratu dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi para wisatawan. money Changer dan Tourist Information Centre terletak di jalan Kidang Kencana, yang merupakan jalan utama Kota Palabuhanratu.
Yang dapat lakukan selama di pai pelabuhan ratu misalnya Berjalan menyusuri pantai, kemudian Berenang, serfing dengan ombak yang sangat dahsyat, lalu Mengunjungi TPI Tempat Pelelangan Ikan untuk membeli hasil laut yang segar dengan harga murah, kita jga dapat bermain-main di tepi pantai membangun istana pasir atau mengumpulkan kerang sungguh menyenangkan untuk dilakukan. Atau mengunjungi pemandian air panas Cisolok, Berburu buah durian dan buah-buah tropis lainnya jga dapat kita lakukan di sana. Sungguh indah panorama alam di laut pelabuhanratu, kita banyak di suguhkan keindahan yang sangat menawan di sana.
Biasanya, pengunjung membludak sekitar Mei hingga Oktober, saat gelombang ombak tinggi. Berbagai sarana dan prasarana bagi para wisatawanpun semuanya serba ada. Pasalnya, Palabuhanratu di samping sebagai pusat pariwisata juga menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi.
Banyaknya wisatawan yang datang ke Palabuhnaratu karena jalurnya yang mudah dilalui serta harga tiket masuk ke kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi bisa dikatakan sangat murah dibandingkan dengan daerah lain. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Kabupaten Sukabumi berasal dari Jabodetabek.




PELABUHAN RATU
OBJEK
PANTAI:
PEMANDIAN AIR PANAS CISOLOK
TITIK BERSELANCAR:
  • Batu Guram
  • Karang Sari
  • Samudra Beach
  • Cimaja
  • Karang Haji
  • Indicator
  • Sunset Beach
  • Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng.

AGENDA WISATA
  • Ritual upacara adat Hari Nelayan
            Diadakan pada april
TRANSPORTASI
DARAT
  • Angkutan umum
  • Sewa mobil pribadi
JARAK
  • JAKARTA-PELABUHAN RATU
            150 KM SEKITAR 5 JAM
  • PELABUHAN RATU-CISOLOK
15 KM
  • BERADA DI 60 KM ARAH SELATAN
KULINER
·         Disen
Jl. Raya Cigayung, Cisaat
·         Rasa Kuring
Jl. Raya Cibolang, Cisaat.
·         Binaga Rasa
Jl. Raya Cibolang, Cisaat.
·         Riung Gunung Asri
             Jl. Raya Cagak, Cisaat.
HOTEL
  • Penginapan Sejahtera - Pelabuhan Ratu
  • Samudra Beach Hotel( *****)
Jl. Sukabumi
  • Gunung Salak
    Jl. Raya Cimelati
  • Sukabumi Indah
    Jl. Salabintana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar