Senin, 18 Oktober 2010

TUGAS 2# INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA


MENIKMATI INDAHNYA GUMUK PASIR DAN BERWISATA KULINER DI PANTAI DEPOK



Kali ini saya *Dewi Kurnia* akan menceritakan pengalaman saya berwisata di Pantai Depok. Depok?? Jelas bukan depok yang bertetanggaan dengan jakarta. Tapi pantai depok ini berlokasi di kawasan pantai parangtritis jogja.

Berlibur ke kota jogja memang banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi, namun pada saat itu saya ingin sekali mengunjungi pantai, karna sudah bosan dengan suasana pantai parangtritis yang sudah mengecewakan , ayah saya merekomendasikan untuk mengunjungi pantai depok saja. Kami pun sekeluarga langsung meluncur ketempat tujuan.

Sesampainnya di sana, baru saja menginjakan kaki diarea parkirpun saya sudah tak sabar untuk berlari ke tepi pantai, sepanjang jalan menuju tepi pantai kita akan melihat pasar ikan dan deretan warung-warung seafood. Jadi kita bisa membeli ikan,kepiting,cumi,udang dll di  pasar ikan itu, lalu jasa masak serahkan ke warung seafood. Pantai ini memang telah diresmikan sebagai kawasan wisata kuliner oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata bapak Jero Wacik, pada tanggal 16 juni 2009.


Ibu dan tante-tante saya segera menuju ke pasar ikan untuk membeli ikan dll, dan ayah saya langsung menuju ke warung seafood untuk menikmati es kelapa muda sambil menunggu ibu dan tante-tante saya, sedangkan saya dan adik-kakak saya langsung belari menuju tepi pantai, setibanya di tepi pantai, kaki kita langsung dimanjakan dengan tebalnya pasir pantai dan derai ombak. Pasir pantai di tepi pantai depok ini memang sangat tebal, pantainya pun masih bersih dan pemandangannya pun masih asri, dibandingkan dengan pantai parangtritis yang sudah mengecewakan. Selain itu kita juga dapat menikmati fenomena gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, para pengunjung bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun.



Ombak di pantai ini cukup besar, jadi saat saya sedang bermain pasir seringkali berkejar-kejaran dengan ombak dan pasir yang sudah saya bentuk-bentuk jadi hancur karna tersapu ombak. Setelah puas bermain ditepi pantai, saya dan adik-kaka saya langsung menuju ke warung seafood tempat dimana ayah dan ibu saya menikmati es kelapa muda sembari menunggu masakan seefoodnya matang, dan sayapun juga langsung memesan es kelapa muda, saat sedang asik minum es kelapa, ada seorang pelukis seketsa wajah yang menawarkan jasa lukisnya, saya dan adik-kaka sayapun tertarik, hasilnyapun lumayan mirip dengan wajah asli kami. Tak lama masakan seafood kami pun datang, dan saya langsung menyerbu cumi goreng tepung saus asam manis serta gurame goreng asam manis.. hemm, rasanya nikmat sekali. Makanan seafood lainnya pun tak kalah enaknya, tak salah bapak Jero Wacik meresmikan pantai depok ini sebagai kawasan wisata kuliner.

Sekian cerita pengalaman saya berwisata di Pantai Depok, jika kalian berkunjung ke jogja, sempatkanlah berwisata ke pantai depok untuk menikmati keindahannya dan berwisata kuliner disana.

                     BOX INFO

LOKASI
 Pantai depok secara administratif terletak di kecamatan kretek , kabupaten bantul, provinsi D.I Yogyakarta
OBJEK
  •  Pantai dengan pasir yang tebal
  • Pasar ikan
  • Gumuk pasir
 AKSES
 Akses menuju pantai depok dapat dituju dengan melewati jalur yang sama dengan jalur ke pantai parangtritis terus hingga keselatan, memasuki kecamatan kretek, rambu-rambu petunjuk menuju pantai depok telah tersedia. ikuti saja.
 TRANSPORT
 Lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi, karena letak pantai depok cukup jauh dari jalan besar dan belum tersedia angkutan umum yang menuju ke sana.
 KULINER
 Berbagai masakan seafood tersedia disini, mulai dari ikan,kepiting, cumi,udang dll. (bakar,goreng,rebus)
 TIPS & TRIK
  • Perhatikan mitos penduduk setempat yang menyarankan agar tidak memakai pakaian yang berwarna hijau karena dipercaya dapat menarik perhatian "kekuatan" Laut Selatan
  • Ombak pantai Depok cukup tinggi dan dasar laut yang berpalung kecil membuat ombak menggulung dan menyeret serta cukup berbahaya untuk aktivitas mandi atau berenang sehingga tidak dianjurkan untuk terlalu jauh ke tengah laut

2 komentar:

  1. http://warungjalijali4.blogspot.com/2010/10/blog-post.html

    BalasHapus