Senin, 11 Oktober 2010

TUGAS 2 # INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA


               Pantai pangandaran tempat bule berjemur






Kawasan Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kawasan yang berada di Pantai Selatan Jawa ini masuk dalam agenda kunjungan wisata Indonesia tahun 2008. Karena itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Budaya setempat, terus membenahi dan melengkapi berbagai fasilitas penunjang kawasan wisata Pantai Pangandaran.






saya dan keluarga dapat menikmati panorama alam Pantai Pangandaran yang indah dan hamparan landai pasir putih pantainya yang memesona. Dua bukit yang mengapit Pantai Pangandaran membuat angin berhembus pelan dan riak ombak lautnya relatif kecil, sehingga saya nyaman melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang menggunakan ban, berperahu mengelilingi semenanjung, memancing, bersantai di pantai, atau sekadar mencerap keindahan alamnya dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Selain itu, saya dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari tempat yang sama.




selama saya dan keluarga berlibur di pangandaran,saya tidak pernah bosan untk berkunjung ke pantai pangandaran,selain tempat penginapan saya yg sangat dekat dengan pantai,alasan yg lain saya ingin menghirup udara yg sejuk dan berbaur bersama para wisatawan lainnya termasuk wisatawan asing.saya perhatikan wisatawan yg banyak berkunjung berasal dari Negara eropa terutama inggris,mereka kesini untuk menikmati laut dengan ombak yg indah,pantai dengan pasir yg putih dan matahari yg menghangatkan tubuh,karena dinegara mereka sangat jarang mendapatkan sinar matrahari,yg ada hanya hujan,salju dan tropis,paling kalo ingin melihat matahari pada saat terbenam.


Selain menikmati pantai nya yg indah ,saya juga berkuliner seafood dan yg paling saya suka adalah kepiting sambel mangga,meskipun kepiting sudah banyak ditemukan di restaurant  Jakarta,tapi kepiting khas pangandaran memiliki rasa yg berbeda di lidah saya,kepiting di pangandaran sangat terjaga keasliannya,dan harga nya pun berbeda dengan yg ada di Jakarta,dijakarta cenderung mahal.selain berkuliner dan kepantai,saya sering sekali berjalan jalan di sekitar bibir pantai dengan menggunakan sepeda bersama adik saya ,harga yg ditawarkan juga murah,sekitar 10ribu perjam mungkin harga itu hanya untuk wisatawan local,kalau untuk wisatawan asing mungkin bebeda lagi,oh iya di pantai saya juga senang bermain jetski,paraseling bersama ayah saya,memang harga cukup mahal berkisar antara 50rb smpai 150rb,tapi karena ga setiap hari saya kesini,jadi saya tidak penah nyesal untk merogeh kocek saya dalam dalam,menurut masyarakat setempat,pangandaran dikuasai oleh nyai rorokidul,penguasa laut selatan,jadi para masyarakat sering memberi sesajen dengan menaruh nya di laut,untuk syarat agar nelayan bias mendapatkan ikan yg banyak,tapi menurut saya itu hanya mitos,dan saya 100%tidak percaya,penguasa yg sebenarnya adalah tuhan saya yaitu allah swt,jadi itu hanya bullshiet,dan ga salah kalau allah memberikan pangandaran azab berupa tsunami,karena mereka sudah menyekutukan allah,terlepas dari mitos sekarang Jalan di sekitar pantai ini sudah beraspal mulus, sehingga memudahkan saya yang ingin mengelilingi kawasan tersebut dengan kendaraan bermotor atau sepeda. Bila malam tiba,sehingga saya tetap akan merasa nyaman berada di Pantai Pangandaran, karena kawasan tersebut telah dilengkapi dengan lampu penerangan yang memadai.saya mempunyai beberapa informasi jika anda ingin berkunjung ke pantai pangandaran,


objek

-         Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
-         Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
-         Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.

Agenda wisata
Adat istiadat
Setiap akhir pekan, biasanya digelar pertunjukan seni tradisional Jawa Barat. Selain itu, pada bulan-bulan tertentu digelar berbagai event, seperti hajat laut nelayan Pangandaran pada bulan Maret, nyiar lumar pada bulan Juni, festival layang-layang internasional pada bulan Juli, karnaval perahu hias pada bulan Agustus, lomba memancing pada bulan September, wisata lintas alam dan off road pada bulan Oktober, dan pesta perayaan tahun baru pada bulan Desember.
trasportasi
-kereta api,turun di stasiun banjar,lanjut menggunakan bus
-bus,bsa langsung turun di pangandaran,mnggunakan bus lura agung
-kendaraan pribadi
-pesawat,dari halim turun di nusawiru
jarak
-  dari Jakarta jarak sekitar 750km,sekitar 10jam
-  dari pusat kota banjar kurang lebih 2jam untk sampai dipangandaran

kuliner
-pakis campur kecombrang
-wajit
-pindang gunung
-sambel mangga

hotel
-hotel laut biru
-pantai indah resort
-surise beach pangandaran hotel
-surya pesona beach hotel pangandaran
-puri pengganis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar