Senin, 18 Oktober 2010

TUGAS 2# INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA


 Wisata Belanja Malioboro

Malioboro 2001 Malioboro 1800.Nama Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Konon, jalan ini memang selalu dipenuhi bunga saat perayaan atau upacara tertentu. Malioboro 1980. Suasana kuno Malioboro masih terasa dengan masih berdirinya gedung-gedung dan bangunan tua peninggalan jaman Belanda. Malioboro 2000. Renovasi gedung-gedung baru membuat romantika Malioboro kuno makin tak terasa. Malioboro kini adalah Malioboro yang modern dan semrawut. Tapi Malioboro tetap saja membuat rindu.
Pusing Tugu Keliling 1755 Tugu Golong Gilig yang tingginya 25 m dibangun Sultan Hamengkubuwono I sebagai simbol miyos sinewaka. 1867 ambruk diguncang gempa dahsyat yang dinamai “Obah terus pitung bumi”. 1889 direnovasi Belanda, dengan tinggi 15 m. Makna tugu Golong Gilig sebagai simbol kekalahan Belanda jadi kabur. Sampai sekarang maknanya belum dikemukakan. Ah, pusing amat! Tugu bukan tugu, ya tetap di situ itu!
 Oblong kaki (kawos kaki)  Jalan-jalan di Malioboro, mata jadi gatal - kaki pegal. Padahal panjang Malioboro cuma 2 kilo, diukur dari pintu lintasan KA stasiun Tugu sampai Kraton. Resminya sih hanya dari teteg sepur sampai pertigaan Pasar Beringharjo yang disebut Jl. Malioboro. Dari situ ke Kantor Pos namanya Jl. Ahmad Yani, Kantor Pos ke Alun-alun Utara namanya Jl. Trikora yang cuma 100 meter. Di jalan yang pendek tapi ngetop itu terpampang 1 pasar, 2 mal, 3 apotek, 4 bangjo, 10 zebra cross, puluhan toko, ratusan kaki lima dan Cuma ada 1 wc umum. (Jalan-jalan di kota ini, jangan lupa pakai oblong kaki. Jari kaki terlindungi, nyaman sampai ke hati √† towo banget !!!) Jalannya pendek, tapi berpengalaman diinjak-injak oleh ribuan kaki setiap hari, mulai dari yang pake sandal, teklek, sepatu, dan bahkan nyeker. Namanya Malioboro, terdiri dari 2 Mall, 3 apotek, 4 bangjo, 10 zebra cross, puluhan toko dan limaratusan kaki (ratusan kaki lima). Umumnya, tak ada kaki yang tahan berpijak lebih dari 10 menit di tempat yang sama, kecuali di satu lokasi yang memang hanya ada satu di Malioboro, yaitu WC umum. 

Kota malioboro adalah salah satu tempat wisata yang berada di Ibu kota Yogjakarta. Tempat ini sering sekali dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. Malioboro ini adalah salah satu tempat obyek wisata yang menjadi pusat perbelanjaan di ibu kota yogjakarta ini, bahkan malioboro sangat terkenal didaerah pulau jawa sebagai pusat perbelanjaan ditanah jawa. Saya mahasiswa yang bergerak dalam bidang pariwisata sangat mengagumi malioboro ini menurut saya malioboro adalah tempat yang indah tuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat transit para wisatawan asing. Terkenal dengan tempat perbelanjaan dan kuliner dimalam hari menjadi salah satu daya tarik malioboro sebagai obyek wisata yang patut diperhatikan serta dikunjungi.
Dengan berbagai keaneka ragaman pakaian, makanan bahkan asesoris yang ada disana dan tentunya dengan khas jawa yaitu batik yogjakarta menjadi suatu keindahan tersendiri. Berbagai macam batik, baju kaos biasa dan bahkan asesoris yang unik dan lucu yang tidak saya jumpai di Jakarta membuat para wisatawan lokal berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Wisatawan asing pun sangat ramai mengunjungi malioboro untuk membeli buah tangan disini karena menurut mereka batik adalah salah satu budaya yang sampai saat ini menjadi kebanggan Negara Indonesia yang membuat Negara lain penasaran untuk memakai batiknya. Bukan hanya pakaian dan asesoris saja yang dijual disana, berbagai macam jajanan pasar dan makanan (kuliner) tersedia disana. Pada malam hari tepatnya malioboro sangat ramai didatangi para wisatawan untuk menyantap makanan khas jogya disana yaitu gudeg.
Saya sangat menyukai malioboro dan hampir setiap liburan semester saya mengunjunginya karena kebetulan kakek saya adalah pebisnis batik mirota. Setiap malam ketika saya berada dikota yogjakarta saya saya pasti mengunjungi malioboro untuk menghabiskan waktu malam saya sambil menyantap sepiring gudeg yang lezat.Dengan demikian malioboro sangat menjadi tempat favorit saya dalam berlibur.

BOX INFO
LOKASI
JL. Malioboro - yogyakarta
OBJEK
  • Sepanjang jalan malioboro
  • sarkem
TRANSPORTASI
  • Trans Jogja
  • Kendaraan pribadi
  • Andong
  • Becak
  • Angkutan umum
KULINER
ANGKRINGAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar