Jumat, 15 Oktober 2010

TUGAS 2 # INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA

Salah satu obyek wisata yang layak dikunjungi di Bali adalah keindahan danau Batur atau yang lebih dikenal dengan Kintamani, Obyek Wisata yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. permukaan laut dengan suhu udaranya berhawa sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari. Obyek wisata ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja. Sedangkan rute obyek, menghubungkan Obyek Wisata Kawasan Batur dengan Obyek Wisata Tampaksiring dan Besakih.




kira-kira 3 jam perjalanan dari kota Denpasar kita akan sampai di kawasan ini, tepatnya di tempat yang disebut penelokan, yang sesuai dengan namanya dalam bahasa bali yang berarti tempat untuk melihat-lihat merupakan lokasi yang paling strategis untuk menikmati pemandangan alam di kawasan wisata ini. Penelokan terletak di wilayah Desa Kedisan, salah satu desa di Kecamatan Kintamani.

Dari Penelokan kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan. kombinasi antara Gunung batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia. Penelokan sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai sebagai tempat wisata, antara lain penginapan maupun restoran.
 
Dari penelokan kita mempunyai dua alternatif untuk melanjutkan perjalanan di Kintamani. pertama kita bisa melanjutkan ke arah utara menuju Desa Batur. Di desa ini kita bisa berkunjung ke salah satu Pura kahyangan jagat di Bali yang bernama Pura Batur. pura ini pada awalnya terletak di sebelah barat daya Gunung batur yang kemudian dipindahkan bersamaan dengan pindahnya warga desa ke bagian atas.
Alternatif kedua kita bisa turun ke pusat Desa Kedisan untuk selanjutnya menyeberang melintasi danau ke sebuah desa tua yang bernama Terunyan. Di Desa Terunyan kita bisa melihat peradaban Bali kuno yang disebut Bali aga. di desa ini orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi diletakan begitu saja di bawah sebuah pohon. Mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali.

Desa-desa Kintamani dan Penelokan memberikan pemandangan yang menakjubkan dimana terdapat Gunung Batur yang masih aktif dan danau yang fantastis. Dengan diameter Tujuh mil dengan kedalaman kaki enam puluh mil, kaldera Batur sungguh mengesankan. Dari Penelokan, anda dapat mengambil jalan ke Kedisan di tepi danau dimana perahu bisa disewa untuk menyeberang ke Trunyan. Pegunungan spektakuler sekitar Kintamani dengan Danau Kawah yang dalam dan bual yang panas, membuat daerah ini harus dikunjungi. Danau Batur adalah danau terbesar di Bali dan wilayah ini menawarkan beberapa pemandangan yang tak terlupakan yang akan anda temui di mana saja di pulau itu. Danau Batur juga terdapat sungai bawahtanah dan mata air di lereng selatan gunung.
Banyak wisatawan local dan manca Negara yang menikmati kintamani dari jarak jauh, dijalan utama, anda bisa memarkir kendaraan dan singgah untuk menikmati hamparan danau batur dan megahnya Gunung batur, karena udara Kintamani yang dingin maka akan lengkap bila ditemani dengan segelas kopi panas atau semangkuk bakso yang ada disana.

Daerah Kintamani merupakan kerajaan paling awal yang dikenal di Bali, yang berasal dari abad kesepuluh. Malam hari akan terasa dingin baik sangat nyaman untuk menginap atau mendaki gunung dan menyaksikan matahari terbit, Penginapan murah banyak tersedia di sini.
Kintamani dapat ditempuh melalui Payangan atau dari Denpasar melalui hutan Sangeh, Plaga dan Lampu, dan anda akan tiba di sebelah utara Kintamani. Bemo/angkot ke Kintamani tersedia dari Ubud melalui Sakah (terkenal dengan patung yang besar “” Baby). Atau juga bisa ditempuh melalui Tampaksiring dan Bangli. Dari Denpasar anda dapat naik bemo/angkot yang berangkat dari terminal Batubulan sampai sore.
Tour ke Kintamani adalah sebuah pengalaman yang sangat mengesankan di mana kawasan Kintamani memiliki panorama yang sangat indah, terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh suasana pegunungan dengan tiupan angin dari Gunung Batur. Hamparan Danau Batur terlihat jauh di bawah beserta rumah penduduk lokal.

Pesona yang ditawarkan disini lebih banyak kepada wisata pemandangan alam. Pemandangan alamnya yang berupa kombinasi pemandangan Danau Batur dan Gunung Batur yang berdiri di tengah-tengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali
Jika anda mempunyai waktu lebih dan suka petualangan atau fotografi, ada baiknya anda menginap di daerah sekitar Gunung Batur untuk kemudian besoknya melakukan pendakian Gunung Batur atau kaldera Batur di sebelah timur Gunung Batur sambil menikmati indahnya matahari terbit yang muncul dari balik Gunung Rinjani di Lombok.
Obyek wisata Kintamani dapat dicapai sekitar 2 jam perjalanan dari Denpasar atau Kuta. Bisa juga anda lewati ketika Anda ingin berwisata ke Lovina.
Objek
Wisata Trekking & Hiking di Gunung Batur atau Kaldera Batur
kuburan Desa Trunyan
Menikmati air panas alami di Toyabungkah
Mengunjungi Pura Ulundanun Batur
Terdapat Istana Tampak Siring



-        
Agenda wisata
Adat istiadat
Hari Raya Galungan
Hari Raya Nyepi
Well Come to Bali Art Festival 2011
Pembinaan Bahasa , Sastra Dan Aksara
Hari Raya Tumpek Landep
Tema Pesta Kesenian Bali 2011-2015
Bali Clean dan Green

trasportasi
Kintamani dapat ditempuh melalui Payangan atau dari Denpasar melalui hutan Sangeh, Plaga dan Lampu, dan anda akan tiba di sebelah utara Kintamani. Bemo/angkot ke Kintamani tersedia dari Ubud melalui Sakah (terkenal dengan patung yang besar “” Baby). Atau juga bisa ditempuh melalui Tampaksiring dan Bangli. Dari Denpasar anda dapat naik bemo/angkot yang berangkat dari terminal Batubulan sampai sore.
jarak

Total Jarak Tempuh Jakarta-Bali(Denpasar) :
Jakarta-Ungaran : ± 450 km
Ungaran-Ketapang : ± 500 km
Ketapang-Bali : ± 150 km
Total ± 1.100 km
Total Jarak Waktu Jakarta-Bali :
Jakarta-Ungaran : ± 10 Jam
Ungaran-Ketapang : ± 16 Jam
Ketapang-Bali : ± 4 Jam
Total : ± 30 Jam
kuliner
- Bebek Bengil
- Nasi Sambel Bejek Matah Belayu
- Rujak Buleleng
- Es Daluman
- Sudang Lepet
hotel
Terdapat beberapa tempat penginapan mulai dari hotel berbintang sampai dengan jenis home stay di Kintamani. Anda dapat memilih salah satunya untuk menginap sesuai dengan budget Anda. Salah satu penginapan yang cukup baik di sekitar Kintamani adalah Penginapan Lakeside Cottages dan Under the Volcano II, yang berlokasi di Toyabungkah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar