Minggu, 17 Oktober 2010

TUGAS 2 # INDONESIA BAGIAN TERKECIL DALAM HIDUP SAYA


KAWAH PUTIH SURGANYA ALAM CIWEDEY BANDUNG



Bila sedang berada di Kota Bandung, sayanglah kalau kita tidak mengunjungi Ciwedey karena di sana terdapat sebuah objek wisata alam yang menarik, indah dan menakjubkan. KAWAH PUTIH surganya alam ciwedey Bandung. mengapa saya mengatakannya demikian karena memang begitulah adanya. sulit memang untuk di ungkapkan dengan kata-kata seberapa indahnya pemandangan disana jikalau kita tidak melihatnya secara langsung. Kawah Putih ini merupakan salah satu objek wisata di Jawa Barat. Tidak kalah dengan objek-objek wisata lainnya di Bandung.
Sebelumnya kita baca dulu nih sejarahnya Kawah Putih ini.Dahulu kala,masyarakat menganggap kawah ini kawasan yang angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini.Kepercayaan inipun lantas dibantah,ketika pada tahun 1837 seorang ilmuwan Belanda Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghun yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam melakukan penelitian dan menemukan bahwa keangkeran tersebut  tidak lain disebabkan oleh adanya semburan lava belerang yang berbau sangat menyengat karena kandungan belerang di danau kawah tersebut sangat tinggi, pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining ‘Kawah Putih‘. Kemudian pada zaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey yang langsung berada di bawah penguasaan militer Jepang.
Namun saat ditemukannya fakta tersebut masyarakat belum tertarik menjadikan tempat ini sebagai objek wisata. Baru setelah PT Perhutani mengembangkan tahun 1987, kawasan kawah putih dijadikan sebuah objek wisata di Jawa Barat. Air kawah di gunung ini selain warna airnya yang terang dan juga selalu berubah2. Inilah yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih,
Kawah putih terletak di sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha. Lokasi Kawah Putih itu di daerah Selatan Kota Bandung, jaraknya kalau dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah sekitar 46 km atau 2,5 jam. Untuk menuju kesana pengunjung yang datang dari Jakarta bisa melewati Tol Cipularang lalu ke pintu keluat Tol Kopo menuju Soreang yang kearah selatan kota Ciwedey. Sepanjang perjalanan tersebut kita bisa menjumpai hutan hujan tropis dan Eucalyptus. Sekitar 20-30 menit disebelah kiri jalan terlihat tanda masuk menuju objek wisata Kawah Putih. Kalau dari Bandung bisa dengan kendaraan umum di Terminal Kebun Kalapa maupun Leuwi Panjang. Setelah sampai di Kota Ciwidey maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan tujuan Situ Patengan. Angkutan pedesaan yang menuju Situ Patengan ini melintasi objek-objek wisata seperti kawah putih.
Dalam perjalanan menuju kawah, kita akan melewati objek yang menarik seperti rel kereta tua, sawah yang menguning, kebun teh yang hijau dan luas dan hutan pinus. Searah dengan jalur kawah putih anda bisa meneruskan perjalanan ke Situ Patengan atau berkemah ke Ranca Upas, yang juga merupakan tempat penangkaran rusa, atau berenang di kolam renang airpanas ciwalini. Jalan dari jalan raya Ciwidey hingga ke areal parkir di dekat kawah, memang sedikit rusak, tapi itu tidak menyurutkan niat pengunjung Kawah Putih untuk datang kesana.
Memasuki gerbang kawasan kendaraan pribadi atau rombongan bus bisa langsung parkir disana karena area parkirnya cukup luas. Harga tiket masuknya cukup murah, Rp 7500 per orang, Rp 2000 rupiah untuk motor, dan 5000 untuk mobil.  Untuk masuk ke Kawah Putih dari gerbang masuk lebih baik menggunakan kendaraan karena jarak menanjaknya cukup jauh sekitar 5,6 km atau sekitar 10 – 15 menit dengan kendaraan. Jadi janganlah anda berjalan kaki. bisa dengan mobil atau motor. bus tidak bisa naik karena jalanannya menanjak, berkelok kelok dan lumayan sempit. Sesampainya diatas, kita akan langsung melihat banyak warung-warung jajanan yang berderet disana, ada yang menjajapara buah Strawbery, buah hasil kawasan Ciwidey, buah Terong Belanda, dan ada pedagang Bandrek dan jagung bakar yang akan menghangatkan badan ada pula boneka dan bantal berbentuk strawbery. Yang bisa untuk souvenir.
Lalu dari situ kita akan menaiki anak tangga yang tidak terlalu tinggi karena tangga ini hanya memiliki anak tangga yang sedikit dan setelah anda menaiki tangga pertama, kita akan menemui deret tangga ke bawah, dari sinilah kita sudah dapat melihat indahnya panorama Kawah Putih Ciwidey. Udaranya amat sejuk karena Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C.

Objek wisata Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00, setiap hari Senin sampai dengan Minggu. pada sore hari di kawah putih biasanya turun kabut yang sangat pekat. Di samping itu kadar belerang menjadi sangat tinggi sehingga kawah ini sering ditutup pada sore hari.
Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air di danau kawahnya  dapat berubah warna, kadangkala berwarna hijau apel kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.
Berbagai jenis flora dan fauna turut memperkaya keberadaan tempat wisata ini. Beberapa jenis flora antara lain Cantigi, Lemo (konon berbau seperti minyak lawang dan dapat digunakan untuk mengusir ular), Vaccinium (tanaman khas yang hidup di daerah kawah), serta Eidelweis yang tumbuh di puncak gunung. Sedangkan jenis fauna yang kerap muncul antara lain elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang dan macan tutul.
Kawah putih memang mempesona dan mengagumkan. Ditambah dengan suhunya yang amat sejuk.Kalau sudah kesana pasti akan mengatakan tidak ada kawah yang seindah kawah putih wow..Karena pemandangan alamnya yang indah, dan semakin terkenalnya Kawah Putih sering dijadikan tempat syuting film dan sinetron dan tempat pemotretan model. jikalau ada yang mau photo prawedding, kawah putih akan selalu menjadi pilihan utama. Pasti hasil fotonya sangat bagus.
Dari hari ke hari pengunjungnya terus berjubel dan bertambah banyak. disini banyak tersedia penginapan yang bisa anda sewa untuk menginap. Seperti Hotel Abang, Hotel Sindang Reret, dan hotel Bungalow.
Pergi atau pulang dari kawah putih jangan lupa singgah di perkebunan strawberry di kawasan Rancabali.Disana anda bisa memetik sendiri buahnya yang ingin kita beli untuk dibawa pulang loh kesegaran buah strawberry ini tidak usah di ragukan lagi.
Kawah putih ini benar benar tempat yang layak untuk dikunjungi dan sayang sekali kalau dilewatkan..


BOX INFORMASI

           

KAWAH PUTIH
Objek
  • Rel kereta tua.
  • Kebun teh yang hijau dan luas.
  • Sawah yang menguning.
  • Hutan pinus.
  • Hutan hujan tropis dan Eucalyptus.
  • Perkebunan Strawberry.

Agenda wisata
  • Kawah Putih ini sering di jadikan tempat  seperti Owner Club Indonesia , para bikersnya yang berwisata ke tempat ini.lalu Event Tahunan seperti Redgrad Alert yang berkegiatan foto prawedding. Sering pula di jadikan tempat syuting dan pemotretan model. Juga banyak sekolah-sekolah yang berwisata ke Kawah Putih ini.
Transportasi
·        Bus
dari Terminal Kampung Rambutan.
Tiket bus executive sekitar Rp.40.000. Dari terminal Lebak bulus ke Bandung dilayani oleh Primajasa & MGI dua operator bus Jakarta – Bandung. Bus terakhir berangkat dari Lebak bulus. Selain kedua terminal tersebut, bus ke Bandung bisa anda dapati dari Depok, Cepaka putih, Tanjung priok. Bus transit dari arah Merak yang bisa anda naiki dari Slipi. Dari Arah Jakarta bus bus ini akan berakhir di terminal Leuwi panjang dibagian selatan kota Bandung, dimana anda dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai penjuru kota Bandung dengan taksi maupun angkot.
·        Kereta Api  St. Hall Stasiun besar kota Bandung yang dipusat kota.
·        Pesawat Udara
Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Halim Perdana kusuma. Merpati dan Deraya Setibanya dibandara Husein Sastra Negara, Jangan lupa untuk meggunakan Loket Taksi disamping kiri pintu keluar kedatangan domestik. Tarif yang digunakan adalah per-area, hal ini sebaiknya anda lakukan jika tidak ingin repot tawar menawar argo dengan pengemudi taksi yang akan anda gunakan.
·        Angkutan pedesaan.
·        Mobil pribadi

Jarak
  • 65 km dari kota Jakarta.
  • 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung.

Kuliner
  • buah Strawbery.
  • Terong Belanda.
  • Bandrek.
  • dan jagung bakar.

Hotel
  • Hotel Abang.
  • Hotel Sindang Reret.
  • dan Hotel Bungalow.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar