Senin, 18 Oktober 2010

Tugas 2 # Indonesia Bagian Terkecil dalam Hidup Saya

- Raih Kembali Semangat Baru di Taman Rekreasi Dunia Fantasi -


Hai teman-teman semua. Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya ketika berwisata ke Dunia Fantasi atau Dufan bersama teman-teman. Objek wisata ini terletak di Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Taman rekreasi yang disenangi hampir semua kalangan ini merupakan objek wisata favorit saya sejak kecil, karena ditempat ini saya bisa merefresh diri dan menghilangkan kepenatan selama beraktifitas di kota cosmopolitan Jakarta. Dengan meneluarkan biaya HTM Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) 13ribu rupiah dan HTM Dufan 133ribu rupiah (weekday) dan 163ribu rupiah (weekend) per orang kita bisa menikmati wahana-wahana yang menarik sepuasnya. Dunia Fantasi buka: Senin-Kamis: 11.00-18.00 WIB, Jumat : 13.30-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu: 10.00-20.00 WIB.

Hal menarik sudah bisa saya rasakan ketika saya menyerahkan tiket di pintu masuk Taman Rekreasi Dunia Fantasi, yaitu kita akan mendapatkan stempel berwarna biru keungu-unguan di tangan dengan gambar seekor kera bekantan yang merupakan maskot dari objek wisata ini. Kemudian sepuluh langkah saja dari pintu masuk kita sudah disambut dengan badut-badut maskot Dufan tersebut. Bagi para pengunjung yang membawa kamera tentunya tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan mereka, begitu juga dengan saya. Untuk membangkitkan imajinasi para pengunjung, Dunia Fantasi terbagi menjadi beberapa kawasan yang memiliki ciri khas wilayah masing-masing dan tema tersendiri yang akan membuat kita semakin hanyut dalam fantasinya, yaitu Kawasan Asia, Kawasan Indonesia, Kawasan Jakarta, Kawasan Fantasi Hikayat, Kawasan Balada Kera, Kawasan Istana Boneka, Kawasan Amerika, Kawasan Eropa, dan Kawasan Yunani.

Kawasan pertama yang saya datangi adalah Kawasan Fantasi Yunani. Disinilah lokasi permainan yang paling mendebarkan yang mengutamakan kecepatan, naik turun, menikung tajam, berputar di kumpulkan menjadi satu. Wahana yang selalu menjadi pilihan pertama saya yaitu Teater Simulator. Hal yang menarik dari wahana ini adalah kursinya yang bisa bergerak dan membuat kita seperti benar-benar berada di dalam film tersebut. Film yang diputar sekarang adalah Journey To The Center Of The Earth (2010) yang berasal dari Hollywood, Amerika Serikat dan diperankan oleh Brendan Freazer dan Anita Briem. Film ini merupakan sebuah film ber-genre petualangan yang karakternya memang sesuai dengan para pengunjung Dufan yang menyukai tantangan dan petualangan. Journey bercerita mengenai seorang professor dan rekannya yang meyakini adanya dunia yang terletak di dalam inti bumi. Untuk itu mereka berpetualang menjelajah ke pegunungan bekas pertambangan batu bara tua. Film-film sebelumnya yang tidak kalah menarik antara lain Turbo Tour atau Robocop yang ditayangkan pada tahun 1992, Dinosaurus (1997), Wing’s Discovery (2000), Star Warrior (2004), Meteor Attack (2006), dan Extreem Log (2008). 

Wahana selanjutnya yang saya naiki adalah Ontang Anting, wahana ini seperti ayunan yang berputar dan sukses membuat kapala saya pusing serta perut saya mual. Kemudian saya beralih ke Arung Jeram, wahana ini juga menjadi salah satu perhatian saya karena antriannya selelu saja yang terpanjang. Bahkan untuk merasakan sensasi arus air yang dijamin akan membuat kita basah saya harus rela mengantri selama satu jam. Saatnya kita memacu adrenalin, mari kita mengantri Halilintar. Wahana yang mulai beroperasi sejak tahun 1987 ini bentuknya merupakan satu rangkaian kereta yang memiki 6 gerbong, dimana dalam satu gerbong memuat dua baris dan dua kolom tempat duduk. Sehingga saya juga harus rela mengantri satu jam untuk menikmati wahana yang dalam satu rangkaian kereta memiliki kapasitas 24 penumpang ini.

Ekspresikan Adrenalinmu!!!
 
Beralih ke Kawasan Fantasi Hikayat, saatnya kita mengarungi luar angkasa mari kita jajal Perang Bintang. Dengan latar menaiki kendaraan semacam piring terbang yang dilengkapi dengan persenjataan laser, kita dipersiapkan seakan akan sedang mengarungi angkasa luar di setting masa depan yang harus membasmi musuh (para alien).

Menjelang waktu makan siang saya menjatuhkan pilihan kuliner pada Mc Donald’s, karena masih banyak wahana yang ingin saya nikmati sehingga demi efisiensi waktu saya memilih restoran fast food tersebut. Tetapi anda akan punya banyak pilihan kuliner lain yang beragam, antara lain Kedai Bonanza (Makanan Indonesia), Janggo (Makanan Indonesia), Simpang Raya (Makanan Minang), Columbus Fried Chicken (Burger & Fried Chicken), Super Bento (Makanan Jepang), Planet Baso (Baso & Mie), dan Cheeckenz  (Fried Chicken Resto). Silahkan pilih tergantung selera anda.

Masuk ke Kawasan Eropa, kembali mari kita pacu adrenalin dengan menaiki Kicir-Kicir yang bentuknya merupakan sebuah kincir raksasa yang memutar ke segala arah. Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, epilepsi atau sedang hamil diharapkan tidak mengambil resiko untuk naik wahana ini. Kita dapat merasakan desiran adrenalin yang lebih dashyat melalui wahana terbaru andalan Dunia Fantasi, Hysteria. Hysteria yang berupa menara setinggi 56 meter akan membuat pengunjung histeris bak melesat di udara. Meskipun terlihat mengerikan, tetapi Anda tidak perlu kawatir karena fasilitas permainan yang berbasis teknologi tinggi itu dijamin keamanannya, serta telah banyak digunakan di tempat-tempat rekreasi terkemuka di berbagai belahan dunia.

Mari kita santai sejenak di Kawasan Istana Boneka, istana ini merupakan bangunan tertutup yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan. Wahana dengan 600 boneka animatronik ini dirancang dengan nuansa gabungan 10 gaya bangunan arsitektur Indonesia yang berwarna-warni sehingga memberi kesan semarak dan unik. Di dalamnya, sambil berperahu, kita diajak menjelajahi dan merasakan beragam budaya etnis seluruh nusantara maupun berbagai bangsa, diiringi lagu rakyat setempat yang mengesankan.

Jika anda berwisata ke Dufan di hari Minggu atau hari libur nasional anda beruntung karena akan bisa menikmati euforia dunia fantasi yang hidup dalam parade mingguan. Lebih dari 200 seniman profesional, penari dan musisi dikemas dalam costume menarik dan spektakuler.

Kembali menyusuri Wahana yang memacu adrenalin di Kawasan Indonesia, Tornado. Wahana ini paling banyak diminati oleh masyarakat luas karena menyenangkan. Wahana paling menegangkan dari semua arena di dufan ini beroperasi sejak 10 Juni 2007, diresmikan oleh Gubernur Jakarta pada saat itu yaitu Sutiyoso. Dikatakan sangat memacu adrenalin karena cara pengoperasiannya, yaitu saat mulai kita langsung naik keatas lalu kita dijungkir balikkan. Begitu juga saat kita diturunkan juga dijungkir balikkan.

Ketika anda mungkin sudah merasa lelah di tengah perjalanan wisata ini. Anda bisa beristirahat sambil menikmati Panggung Maksima. Panggung dimana biasanya para musisi, koreografer serta dramawan terkenal di negeri ini mementaskan karya-karyanya. Artis yang pernah mementaskan karyanya disini, antara lain adalah Guruh Soekarno Putra, N. Riantiarno, dan Harry Rusli. Biasanya setiap hari sabtu sering diadakan acara Dufan Show acara ini kurang lebih mementaskan 300 artis studio fantasi. Beberapa acara yang juga pernah diadakan di panggung maksima yaitu operet sleeping beauty, putri salju, dufan incredible extravaganza, bon aniversaire dunia fantasi, zabogar, junggle night fantasy, jesus crist superstars, dufan super stars show, opera rama shita legenda masa depan, opera mahabaratha, opera fantasia, dufan dan dufi di dunia mimpi, dufan show ulang tahun ke-18, dufan show lebaran, dufan show natal, dufan show sampek engtay, dufan show perang bintang, colour guard show, dan percusion attraction.

Saat ini Dufan memiliki luas lahan 20ha. Karena itu untuk berwisata kesana dibutuhkan stamina yang prima agar kita tidak mudah lelah. Saya sangat menyarankan untuk anda membawa air mineral dari rumah (karena harga air mineral disana relatif mahal). Kemudian Kawasan lain yang saya dan teman-teman kunjungi adalah Kawasan Asia. Kali ini mari kita berpetualang menggunakan kapal besar yang berayun hampir 90 derajat yang dikenal dengan nama Kora-Kora. Wahana ini memberikan sensasi kegerian pada saat berada dipuncak ketinggian dan pada saat berayun turun. Cerita menarik yang akan saya bagi dengan Anda berkenaan dengan wahana ini adalah ketika pertama kali naik wahana ini waktu saya kecil bersama kelurga, saya merasakan sensasi ingin buang air kecil dan mual yang luar biasa, sehingga muka saya pada saat itu pucat sekali. Bahkan sempat menghasilkan trauma (sedikit memalukan sepertinya, hhehehee…). Tidak terasa hari sudah mulai gelap, saatnya kita sejenak bersantai menikmati angin malam Kota Jakarta dengan naik Bianglala. Wahana ini merupakan Kincir setinggi 33 meter. Bianglala yang pembangunannya lekat dengan arsitektur dan ornamen bernuansa warna khas negara Thailand ini merupakan salah satu bangunan tertinggi yang ada di Dunia Fantasi, sehingga bila kita berada di bagian atas kincir, kita akan dapat melihat cakrawala laut serta bangunan-bangunan seisi Dunia Fantasi. Bahkan sensasi romantis sungguh sangat terasa sehingga memotivasi beberapa pasangan muda untuk menyatakan cinta di wahana ini.

Sensasi lain yang tidak kalah menarik yaitu Kawasan Amerika. Kembali kita berpetualang memacu adrenalin dengan naik perahu berbentuk balok kayu yang meluncur mengikuti arus air, wahana ini bernama Kereta Luncur Niagara-Gara. Sensasi klimaks yang bisa kita nikmati dari wahana ini adalah ketika perahu naik setinggi 30 meter dan terjun seolah-olah perahu mencebur mengikuti air terjun di sungai-sungai yang terdapat di Amerika. Kawasan ini termasuk kawasan yang terunik karena terdapat wahana Rumah Miring Rango Rango yang bentuknya seperti sebuah bangunan rumah kayu bergaya country, kita akan menikmati pengalaman aneh, tubuh kita seolah-olah kehilangan orientasi gravitasi. Wahana lain yang juga unik yaitu Lorong Sesat, wahana ini terdiri dari lorong-lorong berdinding kaca sepanjang lebih dari 90 meter, dan memberi refleksi tak terbatas sehingga terasa seakan tak ada dimensi ruang. Kawasan Amerika juga sangat cocok untuk berfoto mengabadikan perjalanan wisata kita.

 Kawasan terakhir yang menjadi pilihan saya yaitu Kawasan Jakarta. Dimana terdapat wahana Turangga Rangga yang merupakan ciri khas taman permainan di Kawasan tersebut. Permainan ini memang hanya berupa sebuah komidi putar, tetapi peminat wahana ini juga tidak sedikit. Dan masih banyak wahana-wahana lain yang belum bisa saya ceritakan. Tetapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa objek wisata Dunia Fantasi sungguh layak untuk anda kunjungi dan bahkan bisa membuat anda ketagihan. Karena itulah yang terjadi pada saya.
Selain karena fasilitas rekreasi di Dunia Fantasi memang sengaja dihadirkan inovatif dan menarik agar dapat mewujudkan imajinasi pengunjung lebih dari yang dibayangkan dan sekaligus suprising. Lagi-lagi saya sangat merekomendasikan Dunia Fantasi sebagai pilihan anda untuk berwisata karena Dufan selama 25 tahun dalam perkembangannya senantiasa mengiringi gelak tawa, keceriaan, kebahagiaan, bahkan menjadi tempat wisata favorit bagi semua kalangan termasuk saya dan teman-teman untuk melepas kepenatan dan mengubah kesedihan menjadi sebuah kegembiraan yang memberikan sebuah nilai, arti, serta semangat baru bagi kita semua.

Box Informasi.


Dunia Fantasi
Objek
Turangga Rangga, Balada Kera, Alap-Alap, Tornado, Balada Kera, Ubangga, Safari Game, Beng Beng, Kicir Kicir, Panggung Maksima, Burung Tempur, Perang Bintang, Hikayat Game, Rajawali, Hall Rama Shita Legenda Masa Depan, Halilintar, Ombang Ambing, Ontang Anting, Pontang Pontang, Arung Jeram, Teater Simulator, pentas prestasi, Lorong Sesat, Niagara, Poci Poci, Rango Rango, Tembak Jitu, Istana Boneka, Baku Toki, Bianglala, Parade Dunia Fantasi dan Hysteria.
Agenda Wisata
Cowboy Show di Kawasan Amerika, Musical Character & Colosal di Panggung Maksima dan Meet & Greet Dufan Character Show di Panggung Baku Toki, Parade Dunia Fantasi dan Tarian Kawasan, Pesta Kembang Api, hingga Musical Fireworks di Area Danau setiap pukul 19.00 wib.
Transportasi
Sarana transportasi ke Dufan banyak pilihan, dari Bus Kota, Mikrolet, Taxi hingga Ojek. Transjakarta Bus (Busway) silahkan naik dari semua koridor, asal mau pindah-pindah akan sampai ke arena TIJA (Taman Impian Jaya Ancol), ongkosnya hanya Rp 3.500 per orang, KRL Wisata Bekasi-Ancol dan Bogor, Depok–Ancol tarifnya Rp22.500 termasuk tiket masuk. KRL berangkat 08.30 dan menjemput jam 16.30, tapi ini hanya pada Minggu atau hari libur saja.
Tips
Jika pergi ke Dufan diharapkan berpakaian senyaman mungkin (ex: Kaos, Jeans dan Sepatu kets) serta membawa bekal makanan dari rumah, karena range harga kuliner disana relatif mahal serta jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan pengalaman anda.
Kuliner
Mc Donald’s, Kedai Bonanza (Makanan Indonesia), Janggo (Makanan Indonesia), Simpang Raya (Makanan Minang), Columbus Fried Chicken (Burger & Fried Chicken), Super Bento (Makanan Jepang), Planet Baso (Baso & Mie), dan Cheeckenz  (Fried Chicken Resto).
Penginapan
Putri Duyung Cottage, Danau Sunter Hotel (650ribu/kamar/malam), Mercure Convention Center (530ribu/kamar/malam), Patra Jasa Hotel (395ribu/kamar/malam), Sanno Hotel (350ribu/kamar/malam).
 

1 komentar: