Sabtu, 18 September 2010

TUGAS 1 # AUTOBIOGRAFI

Saya terlahir dengan nama NADIYAH APRILIAN DINI. Keluarga saya biasa memanggil saya NADYA atau KAKA,karena saya anak pertama dari dua bersaudara.namun,saya juga memiliki nama panggilan lain yang diberikan oleh teman-teman saya.Saya mempunyai satu orang adik yang sekarang duduk di bangku kelas IX SMP di pondok pesantren BINAUL UMMAH kuningan jawa barat. Lahir di Jakara 10 april 1992 disebuah rumah sakit di Jakarta,tepatnya di RSIA HARAPAN KITA. Kedua orang tua saya merupakan orang jakarta asli atau bisa juga disebut BETAWI tulen,namun orangtua dari papa nde saya(begitu saya memanggil kakek saya)Saya anak perempuan satu-satunya dari pasangan ALM.Abdillah dan Munyanah. Adik saya bernama Faiz Rizki Ramadhan.
 
Ketika lahir,saya tinggal di komplek pondok bahar blok A no.16.namun semenjak papa saya meninggal,saya pindah ke rumah mande saya(begitu saya memanggil nenek saya) di jl.kedoya utara rt02/06 NO 4-5,jakarta barat. Sampai sekarang saya masih tinggal di rumah mande saya dengan orangtua saya.
Papa saya meninggal sejak saya berumur 5 tahun dan adik saya berumur 40 hari dikarenakan penyakit jantung. ketika papa saya meninggal,saya belum mengerti akan arti kehilangan itu sendiri sehingga saya tidak begitu sedih ketika papa saya meninggal.

saya sudah bersekolah sejak saya berumur 3tahun. saya playgroup di ASSALAM di daerah joglo.lalu dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Taman Kanak-Kanak ALHASANAH didaerah ciledug dekat dengan rumah saya yang dahulu.
Pada tahun 1997 saya mulai masuk sekolah dasar di AL-KAMAL,ketika itu saya masih berumur 5 tahun yang seharusnya saya belum diterima di sekolah dasar karena umur saya belum memenuhi,namun saya sudah tidak ingin melanjutkan ke TK besar karena saya merasa saya sudah bisa mengikuti pelajaran si sekolah dasar. ,maka dari itu mama saya mendaftarkan saya di sekolah dasar swasta. setelah melakukan beberapa tes akhirnya saya diterima di sekolah dasar tersebut.Namun pada caturwulan ke3 di kelas satu,saya dipindahkan ke sekolah negeri yang ada di dekat rumah daya dikarenakan berbarengan dengan meninggalnya papa saya,mama saya memindahkan saya karena di sekolah yang terdahulu jauh dari rumah dan takut orang tua tidak dapat mengontrol saya.saya lulus sekolah pada tahun ajaran 2002/2003 .

pada tahun 1998 papa saya meninggal,namun sebelum meninggalnya papa saya,mama saya pernah bercerita kepada saya bahwa,papa saya pernah dicurigai oleh masa sebagai antek-enteknya soeharto.karena papa saya itu memiliki wajah yang mirip cina sedangkan pada tahun tersebut sedang terjadi krisis moneter dan juga terjadi banyak kerusuhan .sehingga di depan rumah saya di jembreng(begitu orang betawi bilangnya)sejadah untuk menandakan bahwa yang tinggal dirumah tersebut adalah seorang muslim.ketika itu juga banyak sekali penjarahan yang terjadi di toko-toko,mall,serta pusat perbelanjaan lainnya.orang-orang di sekitar rumah saya banyak sekali yang ikut menjarahi toko-toko tersebut,bahkan ada yang menjarah AC dari sebuah supermarket di dekat rumah saya dan menawarkan hasil jarahan tersebut kepada papande saya untuk dibeli,dan akhirnya papande saya pun membelinya dengan harga yang sangat miring.selain itu juga banyak yang menawarkan hasil jarahan tersebut kepada papande saya seperti rak piring,radio,dll yang juga ikut dibeli oleh papande saya.terdengar lucu sepertinya,namun itu lah realita yang ada pada tahun tersebut.

Saya lulus pada dari sekolah dasar pada tahun ajaran 2002/2003,dengan nilai akhir 70,59. nilai yang cukup memuaskan buat saya karena dengan nilai tersebut saya dapat diterima di SMPN dengan peringkat 16 besar. masa-masa SMP saya juga lumayan berprestasi. saya selalu masuk dalam 10 besar di kelas,saya juga pernah beberapa kali menjadi ketua kelas. selama di SMP saya mengikuti ekstrakulikuler basket namun tidak lama kemudian saya keluar dikarenakan kurang mendukungnya fisik saya untuk mengikuti kegiatan tersebut.
pada agustus 2002,om saya yang sekarang sudah saya anggap sebagai papa saya sendiri menikah. karena keluarga saya masih kental dengan unsur betawi,maka pernikahan om saya ini juga sangat kental dengan unsur betawi seperti masih digunakannya palang pintu sebagai acara pembukaan pernikahannya,lalu ketika para besan datang(begitu kami menyebutnya kepada para calon mertua om saya beserta rombongan keluarga)
 disambut dengan petasan yang sangat besar bunyinya yang menandakan bahwa yang datang adalah para besan,dan disini juga para besan datang dengan membawa seserahan(sebutan untuk barang bawaan yang diberikan oleh pihak besan yang nantinya akan diberikan kepada pihak keluarga). untuk hiburannya,lagi lagi kita masih mengangkat budaya betawi dan arab,jadi diadakannya acara musik gambus dan umi saya(sebutan saya untuk nenek saya yang tinggal di arab dan yang menyempatkan datang untuk menghadiri acara pernikahan om saya)yang menyanyikan beberapa lagu. acara ini sangat meriah karena keluarga saya sudah lama tidak pernah mengadakan acara lagi setelah pernikahan orangtua saya terdahulu dan karene kite orang betawi asli ni ye,makanye banyak bener dah orang-orang pade yang dateng .
kembali ke masalah pendidikan,selama masa SMP saya pernah mengikuti beberapa kali perlombaan bahasa inggris seperti speach kontes,writing test,news contes,spelling contest,dll . ini semua karena saya didukung denganmengikuti beberapa kursus yangmenggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. saya pernah mengikuti les di ccentral course selama 5 tahun .lalu diteruskan dengan mengikuti les di LBPP LIA selama 4 tahun .
saya lulus SMP pada tahun ajaran 2005/2006 dengan nilai rata-rata 24,07 dan diterima di SMAN 85 JAKARTA. sebenarnya saya ingin melanjutkan sekolah di SMIP karena saya tertarik dengan dunia pariwisata. namun orang tua saya belum mengijinkan karena beberapa hal. dan akhirnya saya pun melanjutkan  di SMA dan di SMA pun saya mengambil jurusan IPA. jiwa saya bukan di IPA sebenarnya, namun saya akan berusaha untuk melakukan sesuatu yang terbaik. pada tahun akhir di SMA,saya baru bisa mengikuti PEMILU yang diadakan 5 tahun sekali ini .
teman-teman saya yang lain sudah mengikuti PEMILU di tahun ke-2.baik itu pemilihan gubernur .
karena saya lwvih muda dari teman-teman saya yang lainnya, disaat mereka suda bisa memilih yang pada saat itu dibanggakan sekali oleh teman-teman saya,menyedihkan memang masih di anggap anak kecil saya oleh teman-teman saya. masa SMA saya sangat menyenangkan,saya mempunyai banyak teman yang sangat berbeda-beda sifatnya. dari perbedaan ini,saya merasa nyaman dengan teman-teman saya. tiga tahun di SMA pun tidak terasa. saya lulus sekolah pada tahun 2009.
setelah lulus SMA saya sempat mengikuti tes di beberapa universitas negeri. saya mengikuti tes di universitas soedirman purwokerto,alhamdulilah diterima di jurusan sastra inggris. namun setelah dipertimbangkan oleh om,dan mama saya, akhirnya saya tidak diperbolehkan untuk mengikuti kuliah disana.dikarenakan terlalu jauh dan saya pun mempunyai penyakit khusus yang di khawatir kan akan mengganggu selama berkuliah disana.

Om saya pun menyarankan untuk mengikuti tesyang diadakan oleh universitas negeri jakarta.saya memilih jurusan komunikasi dan saya sangat tertarik dengan jurusan pariwisata karena terdahulu saya tidak dibolehkan oleh orangtua saya untuk mengambil jurusan ini. dan alhamdulilah saya diterima di universitas negeri jakarta ini dan sampai sekarang saya masih berkuliah disini dan sangat nyaman disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar