Sabtu, 18 September 2010

Tugas 1 # AUTOBIOGRAFI

" Bersentuhan Dengan Budaya Bekasi dan Jawa Sejak Kecil"


Nama saya Siska Dwi Kurniawati, saya biasa di panggil Siska or Chika oleh teman-teman saya. Saya lahir di RSUD Ridwan Jakarta Pusat di Jalan Kenari pada tanggal 17 September 1991. Dari lahir saya sudah tinggal di Bekasi Utara tepatnya di Taman Wisma Asri 1. Ayah saya berasal dari Kutuwarjo sedangkan Ibu saya asli dari Yogyakarta, Oleh sebab itu budaya yang kental di keluarga saya lebih kuat dengan budaya jawanya yang halus dan sopan santun.
Pada saat saya lahir terjadi peristiwa penting di Indonesia yaitu Persekutuan koran suara 242-35 untuk menjaga post penerbitan NY dan versi pertama dari Kernel Linux (0,01) di lepaskan di internet. Pada masa balita saya, walikota Bekasi di jabat oleh Bpk. Drs. H. Khailani AR. Kesenian bekasi pada saat itu kesenian ajengan yang merupakan identitas budaya bekasi yang khas karena masyarakat bekasi yang heterogen.
Pada tahun 1996-1997 saya dimasukan kesekolah TK Islam Al-Husna dari Tk nol kecil sampai Tk nol besar, yang letaknya di depan rumah saya persis. Saat inilah pertama kali saya belajar membaca dan menulis. Dan pada saat saya Tk juga saya sering sekali mengikuti lomba-lomba nari daerah. Saya pernah mendapatkan juara 2 pesta seni TK Sejabotabek pada tanggal 4-5 Desember 1991 di Pasar Seni Ancol. Pada saat saya Tk, masyarakat Indonesia dalam keadaan sulitnya / susahnya hidup atau banyak kemiskinan.

Tahun 1997-2003 setelah lulus dari Tk saya melanjutkan bersekolah di SD Islam Al-husna yang letaknya di depan TK saya dulu. Pada saat saya SD saya sudah mulai bergaul dan berkumpul bersama orang-orang di sekitar rumah saya. Budaya masyarakat di sekitar rumah saya heterogen (bermacam-macam) ada yang jawa, betawi, batak, dll. 
Pada saat saya SD Indonesia mengalami krisis moneter. Kesenian wayang kulit bekasi dan tarian topeng sering diadakan waktu saya SD dulu yang merupakan khas bekasi yang dimainkan untuk memeriahkan acara perkawinan.

Setelah saya lulus dari SD pada tahun 2003, saya melanjutkan sekolah di SMP Negeri 21 Bekasi  dari tahun 2003-2006 yang 1 angkatan dengan Diana Novriana teman saya sekarang di Pariwisata. Pada saat saya SMP sudah mengenal tarian dance modern dan lagu-lagu hip hop / R&B. Indonesia pada waktu saya SMP bidang perekonomian sudah mulai stabil dan berkembang.

Setelah saya lulus dari SMP pada tahun 2006 saya melanjutkan di MAN 1 kota Bekasi  dari tahun 2006-2009 yang letaknya tidak jauh dari rumah saya. Pada saat saya SMA, saya sudah mulai mengetahui banyak hal dan tambah berfikir dewasa. Indonesia pada saat itu terjadi konflik antara malaysia dengan Indonesia. Budaya yang ada budaya bekasi seperti kesenian ujungan yaitu semacam kesenian bela diri khas bekasi tetapi ortu lebih mengenalkan saya pada budaya jawanya karena saya bolak-balik pulang ke kampung halaman jojga pada saat lebaran khususnya, jadi saya bergaul dan bermain bukan hanya dengan masyarakat bekasi saja tetapi masyarakat di sekitar jogja tempat mama saya tinggal dulu.

Setelah lulus dari SMA tahun 2009, saya mencoba berbagai peruntungan untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri dengan mencoba berbagai test masuk yaitu SPMB, DEPKES Jakarta II, dan Penmaba UNJ. Alhasil saya mendapatkan di UNJ lewat test Penmaba dengan atas ijin Allah SWT saya sekarang masuk prodi Pariwisata 09 di UNJ dengan motivasi supaya saya menjadi anak yang berguna bagi kedua orang tua saya kelak dan dapat pembekalan ilmu menjadi orang berhasil di bidang pariwisata nanti. Aminnnn....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar