Jumat, 17 September 2010

TUGAS 1# AUTOBIOGRAFI

Budaya Sunda sudah melekat sejak kecil

saya bernama desti prima resti yang sering dipanggil oleh teman teman desti. saya terlahir di kota hujan yakni kota bogor hari minggu malam tanggal 1 desember 1991 di rumah sakit salak. rumah sakit salak ini terletak tidak jauh dari kebun raya bogor. kebun raya itu sendiri merupakan objek wisata andalan kota bogor dimana pengunjung dapat menikmati hutan yang letaknya persis di tenggah kota dan berbagai koleksi tanamannya.saya sendiri bertempat tinggal kp.semplak rt 02 rw 04 kel.bubulak kec.bogor barat. orang tua saya bernama bapa atu supriadi.M.pd dan ibu saya bernama siti nurhasanah. orang tua saya asli orang bogor oleh sebab itu mereka mengetahui seluk beluk kebudayaan orang sunda asli dan menurunkannya kepada anak - anaknya.sejak kecil saya di didik dengan budaya sunda oleh sebabnya budaya sunda sangat melekat pada diri saya. bahasa yang diterapkan dan dipakai sehari-hari yakni bahasa sunda. orang sunda terkenal dengan keramah tamahan penduduk aslinya. selain terkenal dengan keramah tamahan penduduknya orang sunda juga memiliki berbagai jenis kebudayaan dan keseniaan tradisional misalnya pada prosesi acara pernikahan orang sunda memiliki tahapan - tahapannya yakni 1.seserahan dari pihak calon penggantin laki-laki, 2.walimah yakni dalam bahasa indonesianya nikah dalam prosesi nikah ada tradisi sungkeman dan tradisi saweran,3. ngabesan. biasanya dalam adat pernikahan orang sunda ada pertunjukan keseniaan calung dimana keseniaan calung ini merupakan keseniaan ngabodor yang berisi guyon,heureuy,papatah atau bahkan ada juga degungan dimana keseniaan ini menampilkan tembang sunda yang di nyayikan oleh sinden.

di lingkungan saya tinggal masyarakatnya masih memegang teguh budaya sunda. selain budaya yang masih dipegang teguh masyarakatnya, masyarakat masih melestarikan permainan tradisional " ngadu lodong "yakni permainan yang dibuat dari bambu berukuran besar yang selumnya diberi lubang dan minyak tanah tanah lalu di bakar sampai bambunya berwarna kecoklatan cara memainkannya mengunakan semacam batang kayu yang sebelumnya dilapisi kain dan di beri minyak tanah lalu di bakar dan dimasukan kedalam lubang bersamaan di tutup dengan kain akan mengeluarkan bunyi seperti meriam dan permainan "engkrang" dll. di lingkungan saya masyarakatnya masih mempertahankan ha'u sebagai perapiaan untuk memasak. ha'u ini mengunakan kayu sebagai alat bakarnya. selain itu masyarakat sekitar juga mempunyai tradisi upacara syukuran.

sekilas kehidupan saya.
saya anak ke 2 dari 3 bersaudara. saya sendiri memulai jenjang pendidikan di tk lalu saya melanjutkan sekolah di SDN Bubulak 1 tepatnya pada tahun 1998 terjadi krisis ekonomi dan terjadi pula kerusahan besar yang melanda ibu kota jakarta dimana banyak toko dan pusat perbelanjaan dijarah oleh massa terutama milik warga tionghoa peristiwa ini terjadi tanggal 13- 15 mei selain itu tepatnya tanggal 21 mei 1998 presiden ke-2 Soeharto resmi menggundurkan diri dan di ganti oleh Jusuf Habibie pada saat itu merupakan masa yang kelam bagi Indonesia karena beliau mengijinkan Timor Timur berpisah dari Indonesia.pada tahun 1991 diselenggarakan pemilu bebas di Indonesia. pada tahun 2003 saya melanjutkan jenjang pendidikan di smp negri 14 bogor di tahun 2003 krisis sudah mereda. pada tahun 2003 tepatnya pada tanggal 19 mei di adakan pembicaraan damai antara pihak pemerintah Indonesia dan GAM. pada tahun 2004 di pulau sumatra terjadi tsunami besar yakni 220 ribu jiwa dinyatakan hilang atau tewas disapu oleh badai tsunami.

pada tahun 2005 tepatnya tanggal 15 agustus perjanjiaan nota kesepahaman antara Indonesia dan GAM perjanjiaan ini dikenal dengan perjanjiaan helsinki.pada tahun 2006 saya melanjutkan ke sekolah menengah kejuruaan di smk negri 1 bogor saya menggambil jurusan usaha jasa pariwisata karena saya ingin belajar semua tentang aspek kebudayaan dan pariwisata indonesia selain bisa belajar bahasa asing di kejuruaan usaha jasa pariwisata. selama di smk saya di bekali dengan ilmu bagaimana menyusun paket wisata, teknik pemanduaan, cara menghitung harga sebuah tiket pesawat terbang dll. pada tahun 2009 tepatnya tanggal 27 maret danau situ gintung jebol menewaskan sekira 99 orang.pada tahun 2009 saya mencoba mengikuti tes perguruan tinggi negri di jakarta melalui jalur penmaba dan untungnya saya diterima. saya senang sekali bisa diterima karena saya ingin melanjutkan studi saya yang sebelumnya mengambil jurusan pariwisata. saya berharap dengan diterimanya saya di negri saya dapat bekerja di bidang pariwisata. karena pekerjaan di bidang pariwisata banyak pilihannya dan jangkauannya lebih luas. jadi kita sebagai pelaku dan penggerak pariwisata kita harus menjaga dan melestarikan pariwisata indonesia dan tidak boleh merusaknya karena itu kita harus memberikan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar