Minggu, 19 September 2010

Tugas 1# AUTOBIOGRAFI

Sejak Lahir diri saya sudah Asli Keturunan Jawa 



Nama saya Dwitiya Dyah Kirana, saya biasa dipanggil dyah atau dwi. saya anak kedua dari 2 bersaudara dari pasangan Bapak Edi Widaryanto dan Ibu Nurhermiastuti. saya lahir di Jakarta pada tanggal 30 April 1991. saya mempunyai keturunan darah jawa dari ayah dan ibu saya. ayah saya berasal dari Ambarawa dan ibu saya berasal dari semarang kedua kota tersebut tepatnya berada di Jawa Tengah. Sejak saya lahir budaya jawa sudah melekat di dalam diri saya, terbukti, saat dirumahpun terkadang masih menggunakan bahasa jawa didalam percakapan sehari-hari. sejak saya lahir sampai sekarang saya tinggal di Jl. Jaabah rt 10/001 no. 1 kecamatan kramat jati, Jakarta timur. lingkungan tempat tinggal pada saat itu sudah sedikit ramai namun tidak seramai saat ini. saya hidup dalam budaya yang beraneka ragam maksudnya pada saat saya kecil sekeliling tetangga saya tidak semuanya jawa namun ada yang memiliki darah sunda, batak dan betawi.

tahun 1994 saya masuk playgroup pada saat itu saya berumur 3 taun. di playgroup saya memiliki banyak teman yang sebaya dengan saya namun hanya saja saya masih terlalu kecil jd tidak begitu mengingat apa yang terjadi. saya hanya mengingat pada saat itu saya hanya di ajari bernyanyi dan menggambar.

pada saat saya berumur 4 tahun tepatnya tahun 1995 yaitu tanggal 28 April Ibu Siti Hartinah atau yang sering kita kenal dengan sebutan Ibu Tin telah wafat. Beliau adalah istri Presiden Soeharto. Dan tidak hanya itu pula pada bulan Juni politik partai juga terjadi di taun ini yaitu partai PDI terpecah dua yang mengakibatkan adanya kerusuhan antara kedua kubu di wilayah Jakarta.

pada tahun 1996 saya masuk tk. tk saya bernama tk kartika. saat tk saya banyak di ajari bagaimana membaca, menulis dan berhitung. guru-guru tk saya sangat baik dan sabar. saya disana juga mendapat banyak teman dan teman" tk saya saat itu masih menjadi teman saya saat sekarang. pada saat saya besar seperti sekarang saya dan teman" saya masih mengingat apa saja yang terjadi di tk dan kejadian itu membuat kita tidak akan melupakan guru" yang telah menjadikan kita sampai seperti ini, yang bisa membaca, menulis dan berhitung. karena awal yang baik akan menjadikan akhir yang baik pula. pada saat tk saya sering mengikuti lomba". saya sering mengikuti carnaval pada saat 17 agustus. setiap carnaval saya selalu memakai pakaian" adat walaupun saya berasal dari jawa tengah tapi pakaian yang di pakai peserta tidak harus dr daerah asal kita dan pada saat itu saya putuskan untuk memakai baju bodo (pakaian adat khas makassar). tidak hanya carnaval saja, saya juga pernah mengikuti tari payung dan tari piring karena sering mengikuti lomba" saya jd tau bahwa tari payung berasal dari Minang, Sumatra Barat yang melambangkan kasih sayang dan juga tari piring berasal dari Solok, Sumatra Barat.

lalu pada tahun 1997-2003 saya masuk sekolah dasar. saya bersekolah d Sd swasta Kartika xi-2 Bulak Rantai. saat saya sd indonesia sedang mengalami kebakaran hutan besar"an di sumatra dan kalimantan. pada saat itu asap menutupi beberapa kota di sekitarnya bahkan sampai ke malaysia dan singapura, karena pada saat itu berita terjadinya kebakaran hutan tersebar di mana-mana. lalu ada juga kerusuhan suku di kalimantan yang menewaskan 1000 orang.
pada tahun 1998 indonesia pun juga mengalami krisis moneter yang dimana harga sembako semua naik dan nilai tukar rupiah juga. pada saat ini indonesia benar" dalam masa terpuruk. adanya kejadian ini mengakibatkan presiden soeharto lengser dan digantikan oleh B.J Habibie. dan tidak hanya itu pada tahun ini terjadi kerusuhan besar"an yang menewaskan banyak mahasiswa yang sekarang dikenal dengan nama 'tragedi trisakti'. dan juga pada tanggal 23 mei 1998 mengumumkan susunan kabinet baru yang diberi nama 'kabinet reformasi' .
itulah sejarah yang terjadi pada saat saya duduk di sekolah dasar lalu setelah tamat sd saya melanjutkan ke SMP 20 Jakarta tepatnya berada di Bulak Rantai. saat saya smp tidak banyak kenangan yang saya ingat seperti di sd yang saya ingat pada saat saya smp saya baru mengenal yang namanya pertunjukan pentas seni yang dimana kita bisa bertukar kebudayaan dari sekolah lain.

lalu pada tahun 2006-2009 saya duduk di bangku SMA, saat itu saya bersekolah di SMA Negeri 51 jakarta timur. disana banyak sekali kenangan yang saya rasakan, masa" sma yang banyak mendapat pengalaman saya alami di SMA ini. saya banyak mendapat teman" yang sampai sekarang juga masih akrab sampai sekarang ini. di SMA saya di ajarkan bagaimana cara bergaul yang baik karena masa SMA adalah masa transisi yang tidak sama seperti di sd atau smp. lalu setelah SMA saya melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Jakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan UNJ. awalnya saya ingin mengambil jurusan sosiologi pembangunan namun takdir berkata lain saya masuk di pariwisata. awalnya saya tidak mengerti pariwisata itu nantinya belajar apa namun setelah saya jalani ternyata apa yang sudah ditakdirkan allah itu yang terbaik buat kita. dan sekarang saya sangat menikmati kuliah di bidang ini :) sebagai insan pariwisata yang baik saya akan lakukan yang terbaik yang nantinya dapat memajukan indonesia di negara lain di bidang wisata dan budayanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar