Senin, 15 November 2010

Tugas 3# Mengungkap ide/perilaku yang muncul di masa Orang Tuaku

Dalam satu budaya terdapat 7 unsur yang begitu erat kaitannya dan saya akan mengungkapkan satu wujud kebudayaan tentang orang tua saya.
7 unsur itu diantaranya adalah tekhnologi, bahasa, ekonomi, sosial, religi, seni, dan ilmu pengetahuan.

sistem tekhnologi 
pada zaman tahun 1970an sistem tekhnologi yang pada saat itu belum begitu maju dengan masih mengandalkan sistem tekhnologi lama yang jelas sangat ketinggalan dibandingkan dengan zaman sekarang ini. tepatnya pada zaman tekhnologi yang ada di era orang tua saya TV masih hitam putih dan masih memakai tlf kabel dan sekarang jelas terlihat perbandingannya dimana masa sekarang dan dulu jauh berbeda dari contoh diatas berikut saya uraikan tentang perkembangan sistem tekhnologi dizaman thun 1970an pada zaman orang tua saya dulu.
Sistem teknologi informasi (STI) telah berkembang dengan sangat pesatnya. Jika diamati, setiap satu dekade, terjadi perkembangan yang cukup signifikan dari sistem teknologi informasi(STI).Dimulai dari era akutansi pada tahun 1950, beranjak ke era operasional mulai tahun 1960, ke era informasi mulai tahun 1970 menuju ke era jejaring dimulai tahun 1980 sampai ke-era jejaring global di mulai tahun 1990, sistem teknologi informasi telah banyak sekali mengalami perubahan-perubahan.
Perkembangan dari sistem teknologi informasi (STI)menyebabkan juga perubahan dari materi pengajaran sistem teknologi informasi sekarang ini semakin luas. Perkembangan dari sistem teknologi informasi ini juga mau tidak mau menyebabkan perubahan-perubahan peran sistem informasi teknologi itu sendiri, mulai dari perannya membantu operasi organisasi menjadi lebih efisien sampai ke perannya sebagai alat memenangkan kompetisi. Perkembangan ini juga menyebabkan perubahan-perubahan peran manajer di dalam organisasi.
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer . Informasi dapat dikelola seperti halnya sumbar daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama bisnis telah menjadi semakin rumit, dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, non manajer, serta orang-orang dan organisasi dalam lingkungan dalam perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasional perusahaan dan dalam semua area bisnis. Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil, manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer
(computer literate), tetapi yang lebih penting , mereka perlu mengerti informasi (informaio literate).
Sangat bermanfaat jika manajer mampu melihat unit-unit sebagai suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem dan berada dalam supersistem yang lebih besar.Perusahaan adalah suatu sistem yang bersifat fisik, namun dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem konseptual ini dari suatu pengolah informasi yang mengubah data menjadi informasi dan menggambarkan sumberdaya fisik.
Aplikasi komputer utama yang pertama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi terebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain : sistem informasi manajemen(management information systems), sistem pendukung keputusan (decision support systems), kantor virtual( virtual office) dan sistem berbasis pengetahuan (knowledge based systems).Kelima aplikasi ini membentuk sistem informasi berbasis komputer ( computer based information systems), atau CBIS.
Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan sistem berbasis komputer. Para spesialis ini mencakup analis sistem ( system analysts), pengelola data base( database administrator), spesialis jaringan( network specialists), programer dan operator. Dalam beberapa tahun terakhir ini , para pemakai telah mulai melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis - suatu fenomena yang disebut end user computing.
Sangat sulit untuk membuktikan nilai ekonomis dari suatu aplikasi komputer , tetapi banyak analis yang dilakukan untuk menimbang nilai tiap proyek potensial. Setelah berjalan,proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup sistem(system life sycle)Para spesialis informasi dapat berperan serta dalam tingkat yang beragam, tetapi keseluruhan siklus ,termasuk pengembangan dan pemakaian, harus dikelola oleh manajer.

bahasa
bahasa yang orang tua saya gunakan adalah bahasa melayu yang khas karena orang tua saya berasal dari Kalimantan Barat yang menggunakan bahasa melayu sebagai percakapan untuk sehari hari dan terkadang masih menggunakan dialog bahasa daerah yaitu bahasa bugis.
Bahasa melayu itu masih sering terdengar sampai skrang karena dirumah ataupun dalam acara kumpul keluarga bahasa itu masih sering digunakan. bukan tidak fasih dalam berbahasa Indonesia yang baik tapi itu sudah menjadi khas dan tradisi orang tua saya sejak dahulu. saya sendiripun masih sangat fasih dalam menggunakan bahasa melayu tersebut. Jika kalian masih bngung atau menerka-nerka bagaimana bunyi bahasa melayu tersebut kalian bisa menyaksika salah satu film kartun anak Upin Ipin yah sperti itulah bahasa yang digunakan orang tua saya sejak dulu sampai sekarang.
Di Pontianak kota beliau lahir memang banyak pendatang dari daerah-daerah lain tapi bahasa melayu tersebut adalah bahasa yang melekat di kota Pontianak ini kota yang mana masih dekat dengan negara Malaysia yang juga kental menggunakan bahasa melayu nya.
Dari bahasa yang orang tua saya gunakan jelas terlihat bahwa orang tua saya dan keluarga saya tidak membuang suatu khas bahasa nya dan tetap melestarikan budaya bahasa itu walaupun sekarang seluruh keluarga saya tinggal di Ibu Kota Jakarta yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi pada jaman dulu masih terlampau enak segala macam murah dan apapun bisa didapat dengan mudah sedangkan sekarang semua serba mahal dan bisa dibayangkan uang Rp1000 bisa beli makan dan minum dengan kenyang sedangkan sekarang sangat mencekik leher.
yah begitulah perkembangan ekonomi kita sekrang ini dan dulu sangat jauh berbeda. Kebanyakan dijaman dulu dan tepatnya di kota beliau lahir mata pencaharian masih banyak yang berdagang dan bertani. yah walaupun keuntungan nya tidak seberapa tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup jaman dulu berbeda dengan sekrang yang makin kejam saja.
lapangan pekerjaan yang sulit dan apa-apa serba mahal  membuat keadaan hidup semakin sulit.
yah sekiranya itu yang orang tua saya ceritakan tentang keadaan ekonomi pada masa beliau dulu sambil curhat dan ayah saya pun berkata "nak jangan buang-buang uang yah sekarang apa-apa mahal" haha sudah pasti orang tua selalu mengeluh dengan keadaan Indonesia dimasa sekarang ini dan berbeda dengan dulu.

Sistem Sosial
Keluarga ayah saya berasal dari keluarga yang sederhana imbuh beliau menegaskan pada saya, tapi keturunan kerajaan sindrang yang menjadi keturunan orang kepercayaan raja pada zaman dahulunya. beliau menjelaskan tentang silsilah keluarga yang masih ada keturunan darah kerajaan sindrang yang salah satu patih kerajaan pada zaman dulu. yah katanya wajar saja banyak terjadi mistis-mistis kecil didaerah kampung kita nak beliau berkata. keturunan itu konon katanya masih memiliki sebuah darah yang mengalir sebagai tabib untuk menyembuhkan orang sakit imbunya demikian. yah apapun status sosial kita tetap dizaman dulu dan sekarang berbeda, dimasa sekarang tentunya kita sedang berperang melawan keadaan Indonesia yang semakin hari membuat semakin kepala beliau pecah saja.

Sisi Realigi
ditempat beliau lahir masih banyak menganut agama Islam dan tidak sedikit pula agama Kristen.
kepercayaan dianut masih banyak menggunakan cara-cara dulu dengan mengandalkan petuah-petuah lama dan tidak sedikit banyak orang yang kontra dengan sistem kepercayaan di Pontianak karena banyak sekali kejadian kejadian mistis disana sehingga membuat masyarakat disana pada zaman dulu agak sedikit menyimpang jika dibandingkan dengan masa sekarang.
sistem kepercayaan pun mulai dipertanyakan karena banyak sekali tradisi-tradisi yang terkadang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, yah tapi itu hanya sebuah tradisi yang boleh dipercaya atau tidak.

Seni
Keraton Kadriah
Written by Wayan   
Keraton Kadariah Pontianak adalah pusat Pemerintahan Pontianak tempo dulu, struktur bangunan dari kayu yang kokoh, didirikan oleh Sultan Syarief Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771. Keraton ini memberikan daya tarik khusus bagi para pengunjung dengan banyaknya artefak atau benda-benda bersejarah seperti beragam perhiasan yang digunakan secara turun temurun sejak jaman dahulu. Disamping itu, koleksi tahta, meriam, benda-benda kuno, barang pecah belah dan foto keluarga yang telah mulai pudar, menggambarkan kehidupan masa lalu.
          Terdapat mimbar yang terbuat dari kayu, serta ada pula cermin antik dari perancis yang berada di aula utama yang oleh masyarakat setempat sering disebut “kaca seribu”. Sultan juga meninggalkan harta-harta pusaka dan benda-benda warisan lainnya kepada anggota keluarga yang masih ada, untuk dipelihara dan dirawat. Keraton kadariah yang berada di daerah kampung dalam bugis, kecamatan Pontianak Timur ini, dapat di capai dalam waktu kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Pontianak.
yah ayah saya pun menceritakan tentang kesenian dijaman beliau contohnya seperti gambar diatas itu.
beliau pun masih menyimpan berbagai perkakas jaman dulu yang kata beliau mempunyai banyak arti dan saya tidak boleh untuk mengetahuinya.

Sistem pengetahuan
Pendidikan ayah ibu saya hanya mencapai bangku SMA saja karna dimasa beliau menurut beliau itu sudah cukup untuk mendapat pekerjaan dimasanya. dimasanya beliau bersekolah tidak menggunakan seragam pada waktu itu karena disekolah beliau pada masanya menggunakan baju bebas saja dan buku yang digunakan pun relatif lebih sedikit dibandingkan jaman sekarang. ayah saya pun berkata untuk itulah "nak enak sekali jaman sekrang fasilitas untuk belajar lengkap dari berbagai sumber dan tenaga pengajarpun lebih banyak" jadi tidak ada alasan untuk tidak menuntut ilmu setinggi-tingginya karena dengan fasilitas yang memadai memudahkan saya untuk menelan ilmu pengetahuan sampai dalam, dan beliau membandingkan dengan zaman dulu yang serba susah hanya mengandalkan buku tulis saja dan jarang sekali buku referensi untuk membantu untuk itu beliau menanamkan pada saya "biarkanlah ilmu itu yang bosan dicari daripada kmu yang bosan mencari ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar