Senin, 15 November 2010

Tugas : Mengungkap Ide/Perilaku yang muncul di masa orang tuaku


 TEKNOLOGI

Teknologi sekarang dengan teknologi zaman lampau sangat berbeda terutama pada komunikasinya. Pada zaman sekarang, orang-orangnya lebih gaul dan pada zaman lampau sangat jadul. Di zaman para orang tua kita teknologinya masih belum canggih, terutama pada cara berkomunikasinya dengan keluarga, saudara, kerabat dan teman sepergaulan yang tempatnya jauh dari tempat tinggal kita sangat sulit. Biasanya orang-orang dahulu berkomunikasi dengan sangat sulit. Mereka selalu berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, saudara, dengan teman sepermainan dengan cara menulis surat dan memasukkannya atau menaruhnya didalam botol dan dilemparkannya ke laut atau ke sungai. Bahkan yang lebih sulitnya lagi , orang-orang zaman dahulu mengikat surat di kaki burung dan berbicara dengan burung tersebut, agar di antarkan ke tempat yang ditujunya. Berbeda dengan zaman dahulu, zaman sekarang atau zaman modern jauh lebih canggih terutama pada teknologi komunikasinya. Pada masa sekarang, setiap orang yang di tanya soal teknologi, pasti mereka sudah mengetahui teknologi macam telepon dan computer. Kegunaannya adalah, telepon sangat berguna untuk berkomunikasi dengan setiap orang yang jauh berada. Dan harga pemakaiannya dapat terjangkau (murah) dan sama halnya dengan computer. Komputer juga mempunyai kegunaan yang banyak. Mulai dari pengetika, perhitungan, dll. Serta computer bermanfaat untuk semua orang untuk menyelesaikan tugas-tugasnnya. Telepon dan komputer selain memiliki kegunaan juga memiliki kekurangan salah satunya yaitu tidak dapat dibawa kemana-mana karena ukurannya yang besar. Dibandingkan dengan zaman dahulu dengan zaman sekarang, zaman sekarang sudah lebih canggih, baik dilihat dari sisi manapun.
Yaitu alat komunikasinya yang lebih canggih dari sebelumnya.
Di zaman orang tua kita alat komunikasinya menggunakan surat menyurat dan dikirim melalui pos, sedangkan pada zaman sekarang kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi dengan handphone. Handphone berguna untuk berkomunikasi yang kegunaannya sangat dinikmati karena kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita tuju tanpa berharap atau cemas orang yang kita tuju dapat membalasnya atau tidak. Perbedaannya terlihat sangat jelas sekali. Apakah anda pernah bertanya kepada ayah dan ibumu,bagaimana mereka waktu berpacaran dahulu? Mereka pasti akan mengatakan mereka berkomunikasi dengan mengirim surat dan menulis kata-kata romantis dengan syair yang berlebihan (lebay). Sedangkan dengan memiliki handphone kita berkontekan dengan cara mengirim SMS kepada pacar kita dan kepada siapa saja yang ingin dihubungi,selain itu bentuknya yang kecil mudah dibawa kemana saja dan dapat memudahkan kita melakukan sesuat (berkomunikasi).

SENI
Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang dipastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan Jiwa". Mungkin diriku memaknainya dengan keberangkatan orang/seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilmu di Eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakin memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.
Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada + sejak 60.000 tahun yang lampau. Bukti ini terdapat pada dinding-dinding gua di Prancis Selatan. Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan manusia purba. Artefak/bukti ini mengingatkan kita pada lukisan modern yang penuh ekspresi. Hal ini dapat kita lihat dalam mengubah bentuk.
Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia Purba dengan manusia Moderen adalah terletak pada tujuan penciptaannya. Kalau manusia purba membuat karya seni/penanda kebudayaan pada masanya adalah semata-mata hanya untuk kepentingan Sosioreligi, atau manusia purba adalah figure yang masih terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekitarnya. Sedangkan manusia modern membuat karya seni/penanda kebudayaan pada masanya digunakan untuk kepuasan pribadinya dan menggambarkan kondisi lingkungannya "mungkin". Dengan kata lain manusia modern adalah figure yang ingin menemukan hal-hal yang baru dan mempunyai cakrawala berfikir yang lebih luas. Semua bentuk kesenian pada jaman dahulu selalu ditandai dengan kesadaran magic; karena memang demikian awal kebudayaan manusia. Dari kehidupan yang sederhana yang memuja alam sampai pada kesadaran terhadap keberadaan alam.

         Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama. Karya-karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah di gua-gua tidak pernah menunjukan identitas pembuatnya. Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa lalu seperti bangunan atau artefak di mesir kuno, Byzantium, Romawi, India, atau bahkan di Indonesia sendiri. Kalaupun toh ada penjelasan tertentu pada artefak tersebut hanya penjelasan yang menyatakan benda/bangunan tersebut dibuat untuk siapa?. Inipun hanya ada pada setelah jaman, katanya para ahli arkiologi sich, aku sendiri (lagi-lagi kata-kata AKU muncul lagi) tidak tahu pasti. Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum modern kesenian tidak beraspek Individulistis.

         Sejak kapan fungsi Individulistis dari seni mulai tampak?, katanya para sejarawan lagi, beliau-beliau mengatakan sejak seni memasuki jaman modern. Kenapa ini bisa terjadi? (ini kata-kata aku sedikit mengutip kata-kata para ahli yang terdahulu). Karena mengikuti pola berfikir manusia yang maunya mencari kebaruan dan membuat perubahan.
Begini ceritanya : Dalam sejarah seni terjadi banyak pergeseran. Sejak renaisans atau bahkan sebelumnya, basis-basis ritual dan kultis dari karya seni mulai terancam akibat sekularisasi masyarakat. Situasi keterancaman itu mendorong seni akhirnya mulai mencari otonomi dan mulai bangkit pemujaan sekular atas keindahan itu sendiri. Dengan kata lain fungsi seni menjadi media ekspresi, dan setiap kegiatan bersenian adalah berupa kegiatan ekspresi kreatif, dan setiap karya seni merupakan bentuk yang baru, yang unik dan orisinil (original). Karena sifatnya yang bebas dan orisinil akhirnya posisi karya seni menjadi Individualistis.

         Seni pada perkembangannya di jaman modern mengalami perubahan atau pembagian yakni seni murni atau seni terapan/seni dan desain yang lebih jauh lagi seni dan desain oleh seorang tokoh pemikir kesenian yang oleh orang tuanya diberi nama Theodor Adorno di beri nama "Seni Tinggi" untuk Seni Murni dan "Seni Rendah" untuk Seni Terapan atau Desain. Karena menurutnya dalam seni tinggi seorang seniman tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal (kebutuhan pasar/bertujuan komersial) dalam menciptakan sebuah karya seni/murni ekspresi, sedangkan seni rupa rendah adalah seni yang dalam penciptaannya dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Adorno menganggap seni harus berbeda harus berbeda dengan benda lain (barang), ia harus mempunyai "sesuatu". Sesuatu itu tidak sekedar menjadi sebuah komoditas. Karena sebuah karya atau benda yang sebagai komoditas akan menghancurkan semangat sosial, pola produksi barang yang menjadi komoditas adalah pola yang ditentukan dari atas oleh seorang produsen.
          Terakhir kita menuju pada jaman Post-modern/Kontemporer. Di jaman Kontemporer ini bentuk kesenian lebih banyak perubahannya baik secara kebendaan atau kajian estetiknya, yang lebih dahsyat lagi landasan logikanya. Mungkin di sini akan memberi sedikit ilustrasi :
Di era Kontemporer ini aturan-aturan yang telah ada seolah-olah dihancurkan, yang dulunya karya seni itu harus menyenangkan, sekarang malah bisa sebaliknya. Yang dulunya karya seni itu setidaknya masih mempertimabangkan etika sosial, etika agama atau etika-etika yang lain, namun sekarang mungkin kesemuanya itu bisa jadi hanya sebagai aturan usang. Radikal,.ya..???. itu hanya kelihatannya ????.
Kondisi ini terjadi karena seniman sudah pada titik jenuh dan marah "mungkin". Marah atau jenuh pada siapa : 1. Pada lingkungannya atau pada sesutau yang telah ada; 2. Atau para seniman marah dan muak pada perlakuan pasar kapitalisme yang menurutnya terlalu radikal terhadap karya seni. Yang sedikit-sedikit karya seni itu dinilai dengan nominal. Padahal karya seni itu sebelum dinilai adalah "nol". Selebihnya adalah makna, ide, representasi, rekreasi, acuan etik, dokumentasi "politik" dan "sejarah", perlawanan, luka, kekecawaan, paradigma, atau sekedar main-main belaka, dll 3. Atau para seniman marah pada kritikus yang dalam kritiknya memberikan pemaknaan yang terlalu sembrono sehingga esensi pesan dari karyanya menjadi tidak-karuan.
Di era kontemporer ini juga banyak lahir bentuk seni yang baru semisal : 1. Klik Art : yang dalam pembuatannya seseorang tidak harus membuatnya dengan Hand Made (melukisnya sendiri). Dalam Klik Art ini siapa saja bisa membuat lukisan dengan memanfaatkan gambar yang ada atau lukisan orang lain yang mungkin dirubah atau ditambahi bahkan dikurangi. Tapi perlu diingat dalam klik art ini kamu harus bisa mengoperasikan komputer dan progaram- progaramnya yang di gunakan dalam kegiatan ini, misalnya: Corel Draw, Photosop, atau yang lainnya, begitu. 2. Net Art : adalah bentuk seni yang mana dalam pamerannya dilakukan di ruang maya (Internet), di net art ini kamu bisa mengubah gambarnya juga lho, atau mengurangi dan menambahi, atau mungkin kamu mangganti ini sial pembuatnya dengan namamu itu sah-sah saja tidak ada yang melarang kok. Namun perlu di ingat walaupun kamu merubah atau mengganti inisial pencipta pada karya net art ini sipembuat akan semakin bangga karena ia merasa menang dan puas karena karyanya ternyata interaktif dan lebih parah lagi kamu sudah masuk perangkap permainan sang pembuat. Satu lagi yang terkenal bukan kamu namun si pemilik situs dimana karya itu di muat,...tahu nggak ////// kapok wee salah' e dewe. Tapi asik kok coba saja. 3. Vidio Art/vidio instalasi : video art ini tidak beda dengan seni instalasi yang mana dalam aktulisasinya si seniman memanfatkan teknologi televisi yang terkoneksi dengan video, atau komputer, jadi pesan yang ingin disampaikan si kreator itu diserahkan pada seonggok mesin, tapi kadang si kreator juga menyertakan tubuhnya atau tubuh orang lain, yang sepertinya kita melihat itu mirip seni pertunjukan, namun ini bukan seni pertunjukan lho, karena masih ada unsur rupa-nya, namun juga bukan seni rupa lho karana dalam video art ini unsur gerak, bunyi, dan sastra juga dipakai. ngetik)
Yang jelas pada jaman kontemporer ini sekat antara cabang-cabang seni berusaha dihilangkan atau bahkan sudah hancur, maksudnya sekat antara cabang seni itu adalah :...., yang dulunya ada seni rupa sendiri, lantas seni tari, seni musik, atau mungkin seni-seni yang bau itu Lho (uyuh)!!! Yang ada adalah hanya kata dan bentuk kesenian yang mempunyai hasil atau artefak yang bisa dinikmati, diapresiasi, diinterprestasi, diperjual belikan atau kalau menurut kamu jelek bisa di caci maki.., bebaslah yang penting tidak sampai menyinggung perasaan yang membuat, karena apa nanti kamu bisa-bisa di caci maki ganti, atau lebih parah kamu bisa di-kuoplok.

SOSIAL

Struktur Sosial adalah istilah yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk merujuk pada pengaturan pola sosial yang membentuk masyarakat secara keseluruhan, dan yang menentukan, untuk beberapa derajat yang bervariasi, dengan tindakan dari individu-individu disosialisasikan ke dalam struktur itu. Pada makro skala, dapat mengacu pada sistem sosial ekonomi stratifikasi (misalnya, struktur kelas), lembaga sosial , atau, hubungan bermotif lainnya antara kelompok-kelompok sosial yang besar. Pada skala meso, dapat merujuk pada struktur jaringan sosial hubungan antara individu atau organisasi. Pada skala mikro, dapat merujuk dengan cara norma membentuk perilaku aktor dalam sistem sosial.
Struktur sosial juga dapat dibagi menjadi mikro dan macrostructure. Mikro adalah pola hubungan antara elemen dasar sebagian besar kehidupan sosial, yang tidak dapat dibagi lagi dan tidak memiliki struktur sosial mereka sendiri (misalnya, pola hubungan antar individu dalam kelompok yang terdiri dari individu - di mana individu tidak memiliki struktur sosial, atau struktur organisasi sebagai pola hubungan antara posisi sosial atau peran sosial , dimana posisi dan peran mereka memiliki struktur tidak dengan sendirinya). Macrostructure demikian semacam struktur 'tingkat kedua', pola hubungan antara objek yang memiliki struktur sendiri (misalnya, struktur sosial politik antara partai politik, sebagai partai politik memiliki struktur sosial mereka sendiri). Beberapa jenis struktur sosial yang membedakan sosiolog modern merupakan hubungan struktur (dalam atau lebih besar keluarga seperti klan struktur-keluarga), struktur komunikasi (bagaimana informasi lulus dalam organisasi) dan struktur sociometric (struktur simpati, antipati dan ketidakpedulian dalam organisasi - ini adalah dipelajari oleh Jacob L. Moreno ).
Sosial aturan teori sistem mengurangi struktur (3) untuk pengaturan sistem aturan tertentu, yaitu, jenis struktur dasar (1 dan 2). Ini saham dengan teori peran , organisasi dan kelembagaan sosiologi , dan analisis jaringan perhatian dengan sifat struktural dan perkembangan dan pada saat yang sama menyediakan rinci alat konseptual yang diperlukan juga menghasilkan menarik, proposisi berbuah dan model dan analisis.
Sosiolog juga membedakan antara:
  • pola hubungan dalam struktur diberikan (organisasi) antara norma-norma dan cara operasi orang dari berbagai posisi sosial
  • struktur yang ideal - pola hubungan antara keyakinan dan pandangan orang-orang dari berbagai posisi sosial
  • struktur bunga - pola hubungan antara tujuan dan keinginan orang-orang dari berbagai posisi sosial
  • interaksi struktur - bentuk komunikasi dari orang-orang dari berbagai posisi sosial


Hubungan sosial pada jaman dahulu dengan sekarang sangat berbeda, daulu sosial sangatlah kuat antara satu dengan yang lainnya. Mereka sangat saling menghargai dan menghormati.

RELIGI
Agama adalah seperangkat keyakinan mengenai penyebabnya, sifat, dan tujuan hidup dan alam semesta, terutama bila dianggap sebagai penciptaan supernatural badan, atau 'makhluk hubungan manusia dengan yang mereka anggap sebagai suci, sakral , spiritual , atau ilahi .Banyak agama memiliki narasi , simbol , tradisi dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk memberi arti bagi kehidupan . Mereka cenderung untuk menurunkan moral , etika , hukum agama atau pilihan gaya hidup dari ide-ide mereka tentang alam semesta dan sifat manusia .
Kata agama kadang-kadang digunakan bergantian dengan iman atau sistem kepercayaan , tetapi agama berbeda dari keyakinan swasta di bahwa ia memiliki aspek publik. Kebanyakan agama terorganisir perilaku , termasuk jemaat untuk berdoa, imam hirarki, tempat-tempat suci, dan / atau kitab suci.
Agama kepercayaan biasanya berkaitan dengan keberadaan, sifat, dan menyembah suatu dewa atau dewa-dewa dan keterlibatan ilahi dalam alam semesta dan kehidupan manusia. Bergantian, mungkin juga berhubungan dengan nilai-nilai dan praktik ditularkan oleh spiritual pemimpin. Dalam beberapa agama, seperti agama-agama Ibrahim , itu berpendapat bahwa sebagian besar keyakinan inti telah diwahyukan oleh Allah .
            Agama tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat jaman dahulu. Kpercayaan mereka sangat kuat dan kadang-kadang masih memegang kepercayaan akan mitos-mitos dari daerah yang mereka tempati. Hal ini juga didukung dengan kehidupan mereka yang masih tradisional dan kuno sehiingga terbentuk kepercayaan tersebut sehingga menimbulkan beberapa karakter yang kuat. Kepercayaan ini tidak bisa dipungkiri atau dhindari karena ini merupakan sebagian kehidupan yang mereka yakini dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan beragama mereka yang satu dengan yang lainnya tidak bisa dipisahkan.



BAHASA
Sebuah bahasa pertama (juga bahasa asli, bahasa arteri, L1, bahasa ibu, atau bahasa ibu  adalah bahasa seseorang telah belajar dari kelahiran atau berbicara yang terbaik dan sering dasar sosiolinguistik identitas . Di beberapa negara, asli bahasa istilah atau bahasa ibu merujuk pada bahasa kelompok etnis satu daripada satu bahasa pertama.
Bahasa merupakan satu kesatuan dalam masyarakat berkomunikasi. Merupakan alat persatuan yang selalu digunakan dalam menyampaikan suatu informasi dan keadaan. Disetiap daerah mempunyai beberapa bahasa yang berbeda dengan daerah lainnya yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Bahasa adalah alat pemersatu kita meskipun terdapat keanekaragaman dari bahasa tersebut.
Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:
  1. suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
  2. suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
  3. suatu kesatuan sistem makna
  4. suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
  5. suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
  6. suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.


EKONOMI
Sebuah sistem ekonomi merupakan struktur produksi , alokasi input ekonomi, distribusi dari output ekonomi, dan konsumsi dari barang dan jasa dalam perekonomian. Atau, itu adalah seperangkat prinsip dan teknik dimana masalah ekonomi ditangani, seperti masalah ekonomi dari kelangkaan melalui alokasi sumber daya produktif yang terbatas.
Sistem ekonomi terdiri dari orang dan lembaga , termasuk hubungan mereka kepada sumber daya produktif, seperti melalui konvensi dari properti . Contoh dari sistem ekonomi kontemporer termasuk sistem kapitalis , sistem sosialis , dan ekonomi campuran . "Sistem ekonomi" adalah kategori ekonomi yang meliputi studi tentang sistem masing-masing. Hari ini dunia sebagian besar beroperasi di bawah sistem ekonomi global berdasarkan cara produksi kapitalis .
Sebuah sistem ekonomi dapat didefinisikan sebagai "set metode dan standar yang masyarakat memutuskan dan mengatur alokasi terbatas sumber daya ekonomi untuk memenuhi keinginan manusia tak terbatas, sebuah pergi masyarakat tentang mengubah alam menjadi dunia material. barang bagaimana.
Atau, 'ekonomi' mengacu pada pengaturan organisasi dan proses melalui mana masyarakat membuat perusahaan produksi dan konsumsi keputusan . Dalam menciptakan dan memodifikasi sistem ekonomi, setiap masyarakat memilih antara tujuan alternatif dan modus keputusan alternatif. Banyak tujuan dapat dilihat sebagai diinginkan, seperti efisiensi , pertumbuhan , kebebasan , dan kesetaraan .
ILMU PENGETAHUAN
Ilmu Pengetahuan adalah aktivitas manusia yang membantu mengembangkan tradisi kumulatif teknik terkait lain, pengetahuan empiris, dan postulat teoritis, dengan mengacu pada dunia alam.
Sejarah ilmu pengetahuan dalam budaya awal mengacu pada studi protoscience dalam sejarah kuno , sebelum perkembangan ilmu pengetahuan di Abad Pertengahan . Dalam prasejarah kali, saran dan pengetahuan diwariskan dari generasi ke generasi dalam tradisi lisan . Pengembangan menulis pengetahuan memungkinkan untuk disimpan dan dikomunikasikan dari generasi ke generasi dengan kesetiaan yang lebih besar banyak. Dikombinasikan dengan perkembangan pertanian , yang memungkinkan untuk surplus makanan, menjadi mungkin untuk awal peradaban untuk mengembangkan dan lebih banyak waktu akan dikhususkan untuk tugas-tugas lain selain kelangsungan hidup, seperti mencari pengetahuan untuk itu demi pengetahuan.
Contoh adanya perubahan sistem pengetahuan dari masa dulu dengan sekarang adalah : Sidik jari telah ditemukan pada tablet tanah liat kuno Babilonia, segel, dan tembikar. Mereka juga ditemukan di dinding kuburan Mesir dan Minoan, Yunani, dan Cina  tembikar , seperti halnya pada batu bata dan genteng dari Babel kuno dan Roma. Beberapa dari sidik jari yang disimpan secara tidak sengaja oleh pengrajin dan tukang batu sebagai konsekuensi alami dari pekerjaan mereka, dan yang lainnya dibuat dalam proses penambahan dekorasi. Namun, pada beberapa tembikar, sidik jari telah terkesan begitu dalam ke dalam tanah liat yang mereka mungkin dimaksudkan untuk melayani sebagai tanda mengidentifikasi oleh pembuatnya.
Sidik jari digunakan sebagai tanda tangan di Babilon kuno di milenium kedua BCE. Dalam rangka untuk melindungi terhadap pemalsuan, pihak kontrak yang sah akan terkesan sidik jari mereka ke dalam sebuah tablet tanah liat yang kontrak telah ditulis. Pada 246 SM, para pejabat Cina terkesan sidik jari mereka ke dalam tanah liat segel yang digunakan untuk menutup dokumen. Dengan munculnya sutra dan kertas di Cina, pihak kontrak hukum terkesan cetakan tangan mereka pada dokumen. Beberapa saat sebelum 851 CE, seorang pedagang Arab di Cina, Abu Zayd Hasan, menyaksikan pedagang Cina menggunakan sidik jari untuk otentikasi pinjaman. Pada 702, Jepang telah mengadopsi praktek Cina menyegel kontrak dengan sidik jari.
Sidik Jari akuisisi gambar dianggap sebagai langkah yang paling penting dalam sebuah sistem otentikasi sidik jari otomatis, seperti yang menentukan kualitas gambar sidik jari akhir, yang memiliki efek drastis pada kinerja sistem secara keseluruhan. Ada berbagai jenis pembaca sidik jari di pasar, tetapi ide dasar di balik masing-masing untuk mengukur perbedaan fisik antara pegunungan dan lembah.          Semua metode yang diusulkan dapat dikelompokkan menjadi dua keluarga besar: solid-state pembaca sidik jari dan pembaca sidik jari optik. Prosedur untuk menangkap sidik jari menggunakan sensor terdiri dari rolling atau menyentuh dengan jari ke area penginderaan, yang menurut prinsip fisik digunakan (optik, ultrasonik, kapasitif atau termal) menangkap perbedaan antara lembah dan pegunungan. Ketika menyentuh jari atau gulungan ke permukaan, yang berubah bentuk kulit elastis. Jumlah dan arah tekanan yang diterapkan oleh pengguna, kondisi kulit dan proyeksi obyek 3D tidak teratur (jari) ke sebuah bidang datar 2D memperkenalkan distorsi, kebisingan dan inkonsistensi pada gambar sidik jari yang diambil. Masalah ini mengakibatkan, irreproducible dan non-seragam penyimpangan tidak konsisten pada gambar. Selama setiap akuisisi, oleh karena itu, hasil pencitraan berbeda dan tak terkendali. Representasi dari perubahan sidik jari yang sama setiap kali jari ditempatkan pada pelat sensor, meningkatkan kompleksitas setiap upaya untuk mencocokkan sidik jari, mempengaruhi kinerja sistem dan akibatnya, membatasi meluasnya penggunaan teknologi biometrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar