Senin, 15 November 2010

TUGAS 3#MENGUNGKAP IDE/PERILAKU YANG MUNCUL DI MASA ORANG TUAKU



Perbedaan generasi antara kita dan orang kita sangatlah berbeda.Apalagi pada zaman
 nenek moyang kita yang sangat teramat sederhana dan belum mengenal teknologi.Kali ini saya akan mengungkap dan menceritakan wujud kebudayaan pada zaman orang tua saya.


SENI DAN BUDAYA
ibu saya dilahirkan di jakarta, pada waktu itu sekitar tahun 1970 an budaya betawi saat itu masih sangat kental.Di setiap jalan ditemui ondel-ondel khas betawi tempo dulu.dan setiap minggu diadakan lenong di wilayah tempat ibu saya tinggal.Dan zaman orang tua saya masih ada yang namanya tari cukong betawi, tarian ini dibawa oleh para cukong atau tuan tanah berdarah tionghoa dan ketika ibu saya mulai memasuki SD, ia pun pindah ke purwakarta,jawa barat.Tentu saja budaya disana berbeda dengan di Jakarta.Di purwakarta ibu saya mengenal kesenian angklung, bahkan di sekolah ibu saya ada pelajaran kesenian angklung dan sering pentas di luar.Kesenian asli purwakarta yang lain adalah domyak.Kesenian ini awalnya adalah upacara ritual penurunan hujan.Kesenian ini masih sering dijumpai di masyarakat sekitar. kesenian jaipongan pun masih terlihat di zaman itu, liukan-liukan tarian jaipongan yang indah membuat jaipongan menarik untuk dilihat dan dipertahankan.Bahkan sampai sekarang disana masih ada sanggar seni yang tetap mempertahankan jaipongan sebagai kesenian asli purwakarta..


     BAHASA
Bahasa yang digunakan ibuku sewaktu di Jakarta adalah bahasa betawi.Memang pada waktu itu bahasa betawi sangatlah kental.Masyarakat pun masih menggunakan bahasa tersebut untuk berkomunikasi.Bahasa betawi di akhir huruf selalu menggunakan huruf e.Contoh : ape=apa
                Siape:siapa
Bahasa tersebut sudah terkenal di masyarakat betawi pada umumnya.zaman sekarang juga masih ada beberapa masyarakat jakarta menggunakan bahasa betawi.Sedangkan di purwakarta bahasa yang digunakan adalah bahasa sunda.Bahasa sunda saat itu terbagi jadi dua,bahasa sunda logat kasar dan bahasa sunda logat halus.Saat itu bahasa sunda logat halus digunakan oleh masyarakat sekitar tempat ibu saya tinggal.Selain itu juga bahasa indonesia masih digunakan.



EKONOMI
Kegiatan ekonomi pada zaman ibu saya adalah berdagang dan bertani.Beda sekali dengan jaman sekarang yang rata-rata sudah berwirausaha sendiri.Pada zaman ibu saya kegiatan bertani sering dijumpai.Soal sistem ekonomi pada masa masih menggunakan uang kuno dan lebih banyak menggunakan uang koin.Pada saat itu juga harga sembako dan lainya masih sangat murah.Tidak seperti sekarang yang serba mahal


ILMU PENGETAHUAN     

pada masa ibu saya ilmu pengetahuan belum terlalu maju.sekolah-sekolah yang ada masih sederhana oleh sistem pengajaranya.Dulu tempat ibuku sekolah bangunanya masih sederhana bahkan saat itu belum ada,dan saat itu belum ada transportasi untuk menuju ke sekolah, alhasil ibuku saat itu berjalan kaki melewati hutan.Sistem belajarnya pun berbeda dengan sekarang, juga pada waktu itu pelajaran bahasa asing belum ada di sekolah-sekolah pada zaman itu.

   SISTEM TEKNOLOGI

Teknologi pada waktu itu masih sangat sederhana..Dahulu televisi yang digunakan tidak seperti sekarang, masih menggunakan televisi dengan layar hitam putih.Dan satu-satunya stasiun televisi saat itu adalah TVRI, dan pada waktu itu juga telepon yang digunakan masih sangat sederhana dengan menggunakan sistem putar untuk menghubungi nomer yang dituju.Saat itu handphone belum tersedia dan juga komputer.Pada waktu itu juga menggunakan mesin tik untuk keperluan mengetik.Bolpoin yang digunakan juga masih menggunakan tinta, tidak seperti sekarang.Oh iyaa transportasi yang digunakan pada waktu itu adalah sepeda dan delman.Hanya orang kaya saja yang memiliki mobil pada zaman itu
\
SISTEM SOSIAL

Dalam susunan keluarga saya, ibu yang berdarah manado dan ayah yang berdarah ambon.Ibu dengan marga rory dan ayah dengan marga Rahakorat..Dalam silsilah keluarga ibu,ada yang berdarah belanda.karena kakek saya adalah keturunan belanda,tetapi karena kakek saya lahir di manado maka keturunan selanjutnya tidak dapat diteruskan lagi dan juga kakekku adalah keturunan yang terakhir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar