Selasa, 16 November 2010

tugas 3# mengungkap ide/perilaku yang muncul dimasa orang tuaku

Berbicara tentang kehidupan seseorang pasti sangatlah menarik. Karena setiap masing-masing pribadi mempunyai tingkah laku,perbuatan,kehidupan sosial,teknologi yang berbeda. Jangankan dengan orang lain,dengan orang tua kita sendiri saja kita mempunyai perbedaan kehidupan sesuai dengan zaman yang di alami. Seperti sekarang ini,kehidupan yang sedang saya alami sudah sudah sangatlah maju,di permudah dengan adanya perkembangan teknologi. Zaman yang sedang saya alami sekarang ini saya rasa sudah sangatlah maju di bandingkan dengan kehidupan orang tua saya.
Pada zaman sekarang ini,bahasa yang saya gunakan sehari-hari adalah bahasa indonesia,walupun tidak selamanya saya menggunakan bahasa indonesia sepenuhnya di rumah. Karena keluarga saya adalah keluarga asli betawi. Terkadang saya terbawa oleh saudara-saudara saya yang masih menggunakan bahasa betawi sebagai bahasa sehari-harinya. Namun terkadang saya suka ditegur oleh mama saya apabila menggunakan bahasa betawi,karena menurut mama saya,bahasa betawi tidak cocok di gunakan oleh saya yang nantinya akan terjuan ke dunia pariwisata,khususnya yang bersangkutan dengan orang banyak. Hal serupa juga dilakukan oleh papa ende dan mama ende saya terhadap mama saya ketika itu. Walaupun papa ende dan mama ende saya adalah orang betawi TULEN,namun mereka tidak mengajarkan bahasa betawi sepenuhnya kepada mama saya. Mereka justru mengajarkan menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari mama saya.
Oh ya,nama orangtua saya(mama) adalah munyanah. Mama adalah anak pertama dari tiga bersaudara,mama anak perempuan satu-satunya di keluarga. Sekarang ini mama,dan abi saya(sebutan saya untuk om saya) juga membiasakan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari dirumah. Mama melakukan ini karena mama tidak ingin saya seperti mama saya,mama saya agak kurang bisa menggunakan bahasa inggris,karena pada zaman mama,mama ende sama papa ende tidak mengajarkan bahasa inggris kepada mama. Karena mereka hanyalah lulusan SD. Namun,yang selama ini membimbing saya untuk dapat berbicara bahasa inggris adalah abi saya. Beliau sangat pintar sekali bahasa inggris,karena pekerjaan dia sekarang menuntutnya untuk dapat berbahasa inggris. Dan mama saya tidak ingin itu terjadi kepada saya.
Sewaktu mama saya sekolah SD,mama bersekolah di sdn 03 jakarta barat,mama merupakan salah satu murud berprestasi di sekolah. Mama selalu mendapatkan peringkat 5besar dariseluruh kelas. Selain itu mama juga merupakan orang yang ramah kepada siapa saja yang menegurnya,makanya temen mama saya sangatlah banyak. Sampai sekarang mama juga banyak mempunyai teman,pandai bergaul,teman-teman lamanya juga suka kepada mama katena sifatnya tersebut.
Berbicara soal teknologi,sekarang ini teknologi sudah semakin maju,segala sesuatu bisa kita cari di internet(salah satu hasil dari perkembangan teknologi. Namun zaman mama,mama blm ada yang namanya internet,komputer hanya bisa di gunakan untuk mengetik saja,sangat tekstual),komputer hanya bisa digunakan untuk mengetik saja,blm ada ms.word. Baru ada lotus.
Ketika pergi sekolah ataupun kukliah,mama selalu diantar oleh papa ende saya dengan kendaraan pribadi kami. Maklum,papa ende sedang mengalami masa jaya nya ketika itu. Dikalangan teman-teman sekelasnya ketika SMP,mama termasuk kedalam geng-geng yang berkuasa di sekolah. Sedikit lucu memang membayangkan mama saya sendiri masuk ke dalam sebuah geng sekolah yang anggotanya berisikan anak-anak dari keluarga berada semua.
Uang jajan yang diberikan papa ende untuk mama sebenarnya tidak banyak,ketika SD mama diberikan uang jajan sebesar duaratus rupiah,ketika SMP naik menjadi lima ribu rupiah,ketika kuliah mama diberikan jajan sebesar dua puluh ribu. Sedikit sih menurut mama,tapi mama tipe orang yang pandai menabung,jadi kalau mama ingin membeli sesuatu yang sekiranya bisa dia bayar sendiri,mama pasti akan rela-rela nabung untuk membeli barang tersebut meskipun sebenarnya apabila mama ingin minta uang pada papa ende,papa ende bisa saja langsung memberikan. Namun mama bukanlah orang yang memanfaatkan kekayaan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar